Cegah corona, BPBD kota semprot disinfektan ke sekolah dan fasilitas umum

id Palangka Raya,Bpbd palang raya,Corona,COVID-19,Disinfektan,Cegah corona, BPBD kota semprot disinfektan ke sekolah dan fasilitas umum

Cegah corona, BPBD kota semprot disinfektan ke sekolah dan fasilitas umum

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Kota Palangka Raya melakukan penyemprotan desinfektan buatan di salah satu sekolah yang berada di daerah setempat, Rabu (18/3/2020). ANTARA/ Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah melakukan upaya preventif pencegahanCOVID-19 atau virus corona dengan menyemprot sejumlah fasilitas umum dan sekolah yang ada di daerah setempat dengan menggunakan cairan desinfektan buatan.

"Tujuan dari penyiraman ini untuk mencegah virus corona dan bakteri lainnya berkembang di sejumlah titik yang berada di daerah kita," kata Emi Abriyani di Palangka Raya, Rabu.

Emi mengatakan, penyemprotan desinfektan ini, terbuat dari cairan pemutih pakaian di campur air bersih, sehingga dapat mencegah berkembangnya virus atau bakteri yang ada di sekolah dan tempat fasilitas umum kota lainnya.

Apa yang dilakukan petugas BPBD setempat, tidak lain sekaligus melakukan edukasi kepada masyarakat bahwa dalam melakukan pencegahan terhadap corona yang dapat membahayakan nyawa manusia harus dilakukan sejak dini.

"Hanya dengan mencampurkan empat sendok cairan pemutih pakaian dan satu liter air bersih sudah bisa menjadikan pencegahan virus tersebut. Pembuatan disinfektan buatan tersebut adalah anjuran dari Dinas Kesehatan," katanya.

Ia juga menjelaskan, penyemprotan cairan desinfektan ini dilaksanakan sudah dua hari. Kegiatan seperti ini akan dilaksanakan selama 30 hari, dari 17 Maret sampai 16 April.

Penyemprotan kali pertama dilakukan di kantor serta fasilitas kantor BPBD Kota Palangka Raya. Selanjutnya dilakukan penyemprotan di sejumlah fasilitas umum, sekolah dan perkantoran yang ada di daerah itu.

"Untuk hari ini kami melakukan penyemprotan di fasilitas umum yakni taman yang berada di Jalan Tjilik Riwut Km 5, kemudian lanjut ke sekolah Madarasah Aliyah Negeri (MAN) Model dan kantor Kelurahan Bukit Tunggal," katanya.

Ditambahkan Emi, saat ini pemerintah Kota Palangka Raya menyatakan siaga pencegahan virus corona dengan melakukan berbagai hal yakni seperti menyemprot berbagai fasilitas umum, perkantoran dan sekolah agar terhindar dari virus yang bisa membahayakan manusia itu.