Kantor pelayanan publik di Sampit disemprot desinfektan

id Kantor pelayanan publik di Sampit disemprot desinfektan,Virus Corona,Covid-19, Pemkab Kotim, Kotim, Kotawaringin Timur, Sampit, desinfektan, dinas kes

Kantor pelayanan publik di Sampit disemprot desinfektan

Petugas dari Dinas Kesehatan menyemprotkan desinfektan di kantor Satlantas Polres Kotawaringin Timur, Kamis (19/3/2020). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah mulai menyemprotkan cairan desinfektan ke kantor-kantor pelayanan publik di Sampit untuk mencegah muncul dan berjangkitnya virus Corona jenis Covid-19.

"Ini adalah upaya pencegahan agar virus tersebut tidak sampai muncul dan berjangkit. Saat ini yang didahulukan adalah kantor-kantor pelayanan publik," kata Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur Kaspul Anwar di Sampit, Kamis.

Sejumlah petugas dari Dinas Kesehatan berkeliling ke sejumlah lokasi untuk menyemprotkan desinfektan. Mereka menyemprotkan cairan pembunuh kuman yang diyakini juga mampu membunuh virus Covid-19 yang saat ini penyebarannya meluas di sejumlah daerah di Indonesia

Salah satu lokasi yang disemprot desinfektan adalah kantor Satuan Lalu Lintas Polres Kotawaringin Timur. Kantor ini biasanya banyak didatangi warga yang ingin mengurus surat izin mengemudi maupun urusan lainnya.

Rumah jabatan Kapolres Kotawaringin Timur yang lokasinya berdampingan dengan kantor Satuan Lalu Lintas, juga disemprot desinfektan. Penyemprotan dilakukan di luar dan dalam rumah.

Penyemprotan dilakukan bertahap sesuai kebutuhan. Selanjutnya penyemprotan akan dilaksanakan di tempat-tempat ibadah karena juga menjadi tempat berkumpulnya orang banyak.

Baca juga: Pemkab Kotim pantau 11 orang terkait Covid-19

Penentuan lokasi penyemprotan berdasarkan hasil rapat tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 dengan mempertimbangkan prioritas. Penyemprotan desinfektan dilakukan sebagai upaya pengendalian agar tidak sampai muncul dan mewabah.

"Kemungkinan penularan harus diwaspadai. Pengendalian harus dilakukan lebih awal agar tidak sampai terjadi wabah virus Corona tersebut," harap Kaspul Anwar.

Penyemprotan desinfektan akan dilakukan berlanjut dan berkala hingga wabah Covid-19 berakhir. Cara ini diharapkan efektif mencegah muncul dan berjangkitnya Covid-19.

Untuk mencegah terjangkitnya virus tersebut, masyarakat diimbau menjalankan perilaku hidup sehat dan menjaga stamina agar tetap bugar. Dengan begitu, berbagai jenis penyakit tidak akan mudah terserang berbagai penyakit.

Baca juga: Ini penjelasan RSUD Murjani Sampit belum siap terima pasien terduga Covid-19

Baca juga: Perempuan ini buang bayi kembarnya karena takut dimarahi suami