DPRD ingatkan program perusahaan harus berdampak pada kemajuan Seruyan

id kalimantan tengah,kalteng,kabupaten seruyan,seruyan,dprd kabupaten seruyan,dprd seruyan,wakil ketua dprd seruyan,Bambang Yantoko

DPRD ingatkan program perusahaan harus berdampak pada kemajuan Seruyan

Wakil Ketua I DPRD Seruyan Bambang Yantoko di ruang kerjanya, Jumaat (20/3/2020).ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang, Seruyan (ANTARA) - Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Bambang Yantoko mengingatkan sekaligus meminta kepada seluruh perusahaan yang beroperasi diwilayah setempat, agar bersinergi dengan pemerintah daerah dalam melaksanakan menyusun dan membuat program sosial, baik untuk kemasyarakatan maupun pembangunan.

"Saya harap perusahaan dapat berkontribusi dalam pembangunan daerah dan juga kesejahteraan masyarakat," kata Bambang di Kuala Pembuang, Jumat.

Menurut dia, banyak program kegiatan perusahaan yang berdampak pada pembangunan dan kesejahteraan masyarakat salah satunya seperti program Corporate Social Responsibility (CSR).

Jika program kegiatan antara perusahaan melalui penyaluran CSR bagi masyarakat disalurkan dengan baik dan benar serta dapat sinergi dengan program pembangunan dari pemerintah daerah, maka akan sangat berdampak positif terhadap perkembangan kesejahteraan masyarakat.

Kemudian, penyaluran kontribusi perusahaan dalam bentuk CSR bagi masyarakat akan turut membantu upaya pemerintah daerah dalam membangun sumber daya manusia yang berdaya saing, mandiri dan sejahtera.

Baca juga: Pemkab Seruyan panen padi seluas 108 hektare

"CSR bisa dipahami sebagai suatu wahana yang dapat dipergunakan untuk mencapai tujuan pembangunan masyarakat yang berkelanjutan,” ucapnya.

Bambang mengatakan jika sinergi antara pemerintah dan perusahaan berjalan lancar dengan komunikasi yang terjalin baik, maka besar kemungkinan ada akselerasi dalam pencapaian peningkatan kesejahteraan masyarakat Seruyan.

"Sinergi itu perlu diperkuat, sehingga program baik dari pemerintah daerah ataupun perusahaan bisa lebih terencana, tepat sasaran, dan berkelanjutan. Artinya, tidak terjadi program tumpang tindih. Sinergi antara keduanya harus terus dibangun," kata Bambang.

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) menambahkan, pemberian CSR merupakan suatu kewajiban yang harus dijalankan oleh perusahaan, sehingga bisa saling berkontribusi antara perusahaan dan daerah.

"Jangan sampai perusahaan hanya beroperasional dan menikmati hasil kekayaan Seruyan saja. Tapi hak dan kewajibannya tidak dipenuhi," demikian Bambang.

Baca juga: Cegah penyebaran COVID-19 di Seruyan dengan mengurangi kontak fisik

Baca juga: DPRD minta orang tua di Seruyan awasi anaknya saat libur sekolah