Suhu tubuh setiap pengedara diperiksa saat melintasi batas Kalteng-Kalsel

id Kalimantan Tengah,Kalteng,Kapuas,Corona,virus corona,cegah penyebaran corona

Suhu tubuh setiap pengedara diperiksa saat melintasi batas Kalteng-Kalsel

Petugas Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, saat melakukan pemeriksaan suhu tubuh bagi setiap pengendara yang hendak masuk ke wilayah setempat, di perbatasan Kecamatan Kapuas Timur kilometer 14, Minggu. ANTARA/ All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, melalui Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, menggelar pemeriksaan suhu tubuh bagi setiap pengendara yang hendak masuk serta melintas di wilayah setempat, Minggu (22/3).

Hal ini dilakukan demi mencegah dan menangani potensi penyebaran virus corona di Kabupaten Kapuas," Kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kapuas Junaidi di Kuala Kapuas.

"Pemeriksaan suhu tubuh ini digelar di Kecamatan Kapuas Timur, perbatasan antara Kabupaten Kapuas dengan Kabupaten Batola, Provinsi Kalimantan Selatan, tepatnya di Kilometer 14 Anjir Kapuas Timur," beber dia.

Selain memeriksa suhu tubuh, Pemerintah Kabupaten Kapuas, membuat posko penanganan dan pencegahan virus corona di tiga tempat di daerah setempat. Ketiga posko yang dibuat itu berada di di depan RSUD Kuala Kapuas, perbatasan Kecamatan Kapuas Timur dan perbatasan Kecamatan Basarang.

Dia mengatakan posko-posko tersebut dengan memanfaatkan tenda dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas dan Dinas Sosial Kabupaten Kapuas. Dan, sesuai arahan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, maka Tim Satgas Covid 19 Kapuas bergerak cepat untuk melakukan upaya pencegahan penularan Virus Covid 19, khususnya di Wilayah Kabupaten Kapuas.

Untuk posko di perbatasan Kecamatan Kapuas Timur sendiri, melakukan pengawasan sembari mensosialisasikan kepada para masyarakat untuk tidak keluar daerah dan jika tujuannya tidak jelas maka diminta kembali begitu pula sebaliknya. Posko di perbatasan tersebut akan berkerja 30 hari ke depan.

"Bapak Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat menginstruksikan kepada semua jajarannya dalam hal dukungan, terutama SatPol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas untuk bekerjasama dengan Polres Kapuas, Polsek dan Kodim 1011/KLK serta Koramil agar bisa membackup kegiatan tersebut," katanya.

Baca juga: Warga berebut masker gratis dibagikan KNPI Kotim

Untuk tugas posko diperbatasan adalah membatasi masyarakat Kapuas untuk tidak keluar daerah untuk sementara misalnya ke mall di Banjarmasin ataupun ke Palangka Raya kecuali ada hal yang betul-betul sangat penting. Demikian juga pendatang yang masuk wilayah Kabupaten Kapuas betul-betul selektif.

Selain itu, bupati juga meminta kepada warga Kapuas untuk tidak berpergian keluar wilayah Kapuas. Tidak keluar rumah apabila tidak ada urusan penting. Dihimbau kepada masyarakat untuk tidak berpergian ke Banjarmasin mengingat wilayah Banjarmasin sudah ada terjangkit virus corona.

Diminta juga agar kita semua dapat mematuhi semua teknis kesehatan, tidak kontak badan, menjaga jarak satu dengan yang lain minimal 1,5 meter serta setiap sekian menit mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

"Kita harus peduli dengan diri kita dan juga orang lain. Maka, mari kita bekerja keras memberi edukasi, pemahaman dan pengertian kepada seluruh masyarakat Kapuas yang kita cintai," demikian Junaidi.

Baca juga: Sebanyak 14 warga jalani karantina mandiri

Baca juga: Benarkah hindari gula bisa cegah terinfeksi corona?

Baca juga: Ini penyebab perilaku 'panic buying' bisa terjadi

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar