Geger, seorang tamu dari Jakarta pingsan saat berkunjung ke Polres Kapuas dan meninggal

id tamu jakarta,meninggal,polres kapuas, bupati kapuas ,ben brahim s bahat

Geger, seorang tamu dari Jakarta pingsan saat berkunjung ke Polres Kapuas dan meninggal

Petugas Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, mengenakan pakaian astronot melakukan penyemprotan disinfektan di Kantor Polres Kapuas, Senin (23/3/2020). ANTARA/ All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah digegerkan seorang tamu yang diduga berasal dari Jakarta yang tengah melakukan kunjungan ke Mapolres Kapuas, Kalimantan Tengah, dikabarkan tiba-tiba jatuh pingsan tak sadarkan diri dan kemudian meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas, Senin (23/3) siang.

“Pasien datang dalam penurunan kesadaran, dengan tensi yang sangat tinggi sekali, suhu juga tinggi demam. Karena pasien dalam keadaan tidak sadar, sehingga tidak bisa diketahui riwayat apakah ada gejala batuk plek sebelumnya,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, dr Tri Setyautami, saat menyampaikan laporan  kepada Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, dalam rapat dadakan terkait hal tersebut, di Aula Kantor Bappeda Kapuas, Senin.

Setelah itu, kata dia, tim rumah sakit yang mengetahui riwayat pasien tersebut berasal dari Jakarta, lalu mengambil langkah untuk melakukan rontgen dada terhadap pasien yang berjenis kelamin laki-laki tersebut.
 
Petugas Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, melakukan penyemprotan disinfektan di Kantor Polres Kapuas, Senin (23/3/2020). ANTARA/ All Ikhwan

Ternyata gambarannya adalah radang paruh atau prokopneumonia. Karena itulah pasien ini riwayat dari Jakarta dan gambaran rontgen paruh prokopneumonia, maka pasien ini dikatagorikan sebagai PDP (Pasien Dalam Pengawasan).

“Meskipun demikian, tadi saya sudah komfirmasi dengan dokter penyakit dalam bahwa untuk penurunan kesadaran yang tiba-tiba ini bukan kaitannya dengan COVID-19, terlepas dari pasien ini COVID atau bukan. Penurunan kesadaran dengan tiba-tiba itu lebih disebabkan karena kemungkinan besar pasien ini juga mengalami pecah di pembuluh darah di otak akibat stroke karena tensi yang demikian tinggi,”  jelas dia.

Direktur RSUD dr Soemarno Sostroatmodjo Kuala kapuas dr Agus Waluyo menambahkan bahwa hasil diagnosa dari pasien ini ada dua yakni stroke hemoregik dan PDP karena pasien berasal dari daerah Jakarta Selatan.

“Tadi kita sudah konfirmasi dengan pihak keluarga, bahwa pihak keluarga memang menyerahkan kalau memang harus dimakamkan disini (Kapuas), itupun dengan ketentuan-ketentuan. Nanti yang mengangkat jenazahnya itu, sudah harus memakai baju astronot itu,” kata Agus Waluyo.
 
Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menggelar rapat dadakan di Aula Kantor Bappeda Kapuas, dalam rangka menyikapi meninggalnya seorang tamu dari Jakarta saat melakukan kunjungan ke Polres Kapuas, Senin (23/3/2020). ANTARA/ All Ikhwan

Sementara itu, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengatakan bahwa dirinya tidak mengetahui jelas kedatangan tamu pihak Polres Kapuas ini datang ke Kabupaten Kapuas. Karena dirinya hingga saat ini belum bertemu secara langsung dengan Kapolres Kapuas.

“Karena ini sudah meninggal di rumah sakit, supaya ini cepat-cepat diambil langkah. Kalau ini memang ada tanda-tanda mengarah ke virus corona, agar cepat-cepat dimakamkan. Dan keputusan kita, kalau perlu malam ini juga dimakamkan yang jauh dari kota yang masih belum dipakai,"  kata Bupati Ben Brahim S Bahat.

Sementara dari informasi yang dihimpun, tamu yang berkunjung ke Polres Kapuas yang berjumlah tiga orang tersebut belum diketahui kedatangan mereka dalam rangka apa. Sebab, terkait hal tersebut pihak Polres Kapuas belum dapat memberikan keterangan kepada wartawan.

Pantauan di lapangan, setelah kejadian tersebut Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Kapuas, langsung bergerak cepat melakukan penyemprotan disinfektan di Kantor Polres Kapuas. Dan kemudian, menggelar rapat dadakan yang dipimpin langsung oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat di dampingi Wakil Bupati Kapuas Muhammad Nafiah Ibnor dan dihadiri Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah setempat.

Sementara  itu Kapolres Kapuas  AKBP Esa Estu Utama  mengakui tamu yang berkunjung di Polres Kapuas  tersebut dari Jakarta.

"Kedatangan tamu  dari Jakarta itu untuk melakukan koordinasi penanganan kasus yang kita tangani," katanya melalui pesan WA.