Bupati ingatkan masyarakat Kapuas konsisten terapkan PHBS

id Kalimantan Tengah,Kalteng,Kabupaten Kapuas,Kapuas,Bupati Kapuas,Wakil Bupati Kapuas,Ben Brahim S Bahat,Muhammad Nafiah Ibnor

Bupati ingatkan masyarakat Kapuas konsisten terapkan PHBS

Wakil Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Muhammad Nafiah Ibnor saat menerapkan pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) mencuci tangan. ANTARA/ HO-Diskominfo Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Ben Brahim S Bahat melalui Wakil Bupati Muhammad Nafiah Ibnor kembali mengingatkan masyarakat di daerah setempat, agar konsisten menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) karena salah satu upaya mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. 

"Mari membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, menggunakan antiseptik sebelum dan sesudah memegang sesuatu, memakai masker ketika berada di luar ruangan dan membersihkan lingkungan sekitar rumah," kata Nafiah di Kuala Kapuas, Jumat.

Dia mengaku Bupati Kapuas telah menginstruksikan agar seluruh kantor organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di Kabupaten Kapuas dapat menyediakan Wastafel (tempat cuci tangan), supaya setiap pegawai bisa mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki area Kantor/Instansi. 

Hal ini dilakukan, berguna agar jaga kebersihan tangan setiap pegawai sesuai dengan PHB,  yaitu membiasakan mencuci tangan setiap sebelum dan sesudah beraktivitas.

"Kita harus Optimis dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dapat mengantisipasi merebaknya virus corona ini," kata Nafiah.

Baca juga: Dinas Pertanian Kapuas bantu APD untuk rumah sakit

Dirinya juga mengajak seluruh lapisan masyarakat Kapuas agar membudayakan PHBS itu diantaranya dengan rajin olahraga, mengonsumsi makanan yang bergizi, menghindari tempat – tempat keramaian, dan rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh sesuatu dan juga sebelum dan sesudah makan.

Pemerintah Kabupaten Kapuas, lanjutnya, terus mengupayakan langkah pencegahan penyebaran Virus Covid-19 ini agar tidak memasuki di wilayah berjulukan 'Bumi Tingang Menteng Panunjung Tarung' ini. Masyarakat diimbau untuk menjalankan saran dari Pemerintah supaya terhindar dari penyakit berbahaya tersebut.

"Dengan menerapkan PHBS akan sangat mengurangi resiko paparan penyakit menular tersebut. Pemerintah memerlukan kerjasama yang baik dengan masyarakat dalam mencegah Covid-19 terus meluas. Bantuan tersebut, bisa dalam hal menjalankan semua saran dan imbauan dari Pemerintah dan Dinas Terkait," demikian Nafiah.

Baca juga: Legislator ini siapkan talangan dana untuk Pemkab tangani Covid-19

Baca juga: Kapuas siaga COVID-19 meski berstatus daerah hijau

Baca juga: Shalat Jumat ditiadakan sementara di Masjid Agung Kapuas