Jumlah ODP Covid-19 di Seruyan bertambah menjadi 41 orang

id Kalimantan Tengah,Kalteng,Kabupaten Seruyan,Seruyan,covid di seruyan,virus corona,corona

Jumlah ODP Covid-19 di Seruyan bertambah menjadi 41 orang

Juru bicara gugus tugas penanggulangan Covid-19 Pemkab Seruyan Mahdiniyansyah bersama Noor Gugus Tugas Komunikasi Publik Ruspiandian saat konferensi pers di Kuala Pembuang, Jumat. (27/3/2020).ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang, Seruyan (ANTARA) - Gugus tugas Penanggulangan Covid-19  pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, mencatat per 27 Maret 2020 sudah ada sebanyak 41 orang masuk dalam kategori orang dalam pantauan (ODP) terkait dugaan virus corona atau Covid19.

"Sekarang ODP Covid-19 bertambah menjadi 41 orang, yang beberapa hari sebelumnya berjumlah 20 orang,," kata Juru bicara gugus tugas penanggulangan Covid-19 Pemkab Seruyan Mahdiniyansyah saat konferensi pers di Kuala Pembuang, Jumat.

Dikatakan, semakin banyak mendapatkan ODP maka dinilai lebih bagus dalam upaya pencegahan. Harapannya mereka yang berpotensi tertular dan menularkan bisa dipantau dan dicegah penularannya.

"Sebanyak 41 ODP tersebar di enam kecamatan di Seruyan. kecamatan Seruyan Hilir 21 orang Seruyan Hilir Timur satu,  Danau Sembuluh tujuh, Seruyan Raya lima Hanau tiga dan Seruyan tengah 4 orang," kata Mahdini.

Turut menambahkan Gugus Tugas Komunikasi Publik Kabupaten Seruyan Ruspiandian, pihaknya tetap selalu melakukan edukasi informasi kepada masyarakat baik itu melalui media sosial, imbauan spanduk dan informasi keliling dengan tujuan masyarakat mengetahui dan pencegahan, terutamanya pencegahan melalui perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), dan mencuci tangan.

Baca juga: DPRD Seruyan harapkan petugas kesehatan siaga di jalur masuk dan keramaian

"Penyemprotan cairan desinfektan juga sudah dilakukan seluruh kecamatan Seruyan, baik di tempat umum seperti pasar, tempat ibadah dan lainnya, sehingga dengan begitu bisa mencegah penyebaran Covid-19 di Seruyan," ungkapnya.

Kemudian, ia berharap kepada seluruh masyarakat  bersama menjaga kebersihan rumah dan lingkungannya masing-masing. Cara tersebut dilakukan untuk memerangi covid-19. Sedangkan untuk informasi resmi update data tentang Covid-19 bisa melalui wabsite http://covid-19.seruyankab.go.id, sehingga masyarakat akan mudah mendapat informasi tersebut.

“Website tersebut juga bertujuan untuk mencegah terjadinya informasi bohong atau hoax, yang menyebabkan berdampak buruk jika informasinya tidak benar, biasanya update data dilakukan pada jam 12:00,” demikian Ruspiandian.

Baca juga: Pemkab Seruyan semprotkan massal cairan desinfektan di Kuala Pembuang

Baca juga: Perda inisiatif CSR Seruyan ditargetkan selesai 2020

Baca juga: Target PAD Seruyan perlu dievaluasi, kata Wakil Ketua DPRD