DPRD sarankan Kapuas segera lakukan 'local lockdown'

id DPRD sarankan Kapuas segera lakukan 'local lockdown',Kapuas,Virus Corona, COVID-19

DPRD sarankan Kapuas segera lakukan 'local lockdown'

Anggota DPRD Kapuas, Kalimantan Tengah, Algrin Gasan. ANTARA/All Ikhwan

Kuala KapuasĀ  (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah Algrin Gasan, menyarankan pemerintah daerah setempat harus segera melakukan 'local lockdown' atau isolasi terbatas daerahnya untuk mencegah virus corona.

“Pemkab Kapuas segera lakukan 'local lockdown', mumpung Kabupaten Kapuas masih zona hijau dan negatif virus corona," kata Algrin Gasan di Kuala Kapuas, Minggu.

Legislator Partai Golongan Karya mengatakan, usulannya itu merupakan dari upaya pencegahan. Isolasi terbatas diharapkan dapat mencegah COVID-19 masuk ke Kapuas.

Menurut wakil rakyat yang terpilih kembali dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas II ini, akan terlambat jika sampai terlanjur ada yang positif terjangkit COVID-19, baru diambil kebijakan melakukan 'local lockdown'. 

Menurutnya, ini dilakukan untuk menyelamatkan kesehatan dan hidup masyarakat daerah yang berjuluk 'Bumi Tingang Menteng Panunjung Tarung' ini. Wabah virus ini, sangat mengancam kehidupan manusia.

Selain itu, lanjut Algrin yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kapuas ini, 'local lockdown' sangat penting dilakukan untuk mencegah masuknya orang yang membawa potensi virus corona ini.

Bagi setiap masyarakat yang sudah terlanjur datang ke Kapuas dari perjalanan luar daerah, wajib melaporkan diri ke puskesmas atau Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Kapuas, dalam rangka upaya pencegahan.

“Yang menyandang status ODP (orang dalam pemantauan) untuk di cek kesehatannya dan dipantau serta melakukan karantina mandiri selama 14 hari. Siapa pun dia, baik pejabat atau masyarakat. Tentunya lebih baik banyak ODP dari pada satu positif corona,” katanya.

Mantan Ketua DPRD Kabupaten Kapuas periode 2014-2018 ini mengimbau kepada masyarakat untuk selalu melakukan pola hidup sehat dan bersih dalam sehari-hari agar terhindar dari penyakit menular. Paling tidak, kata dia, mencuci tangan dengan sabun setelah melakukan aktivitas apapun.

"Jaga jarak. Jangan keluar rumah kalau tidak penting untuk sementara waktu. Lakukan pola hidup sehat dan bersih, serta ikuti anjuran pemerintah agar kita terhindar dari penyakit," demikian Algrin Gasan.