Gugus Tugas COVID-19 fokus sterilkan rumah penduduk

id palangka raya,penyemprotan desinfektan,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

Gugus Tugas COVID-19 fokus sterilkan rumah penduduk

Petugas melakukan penyemprotan cairan disinfektan untuk mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah fokus mensterilkan rumah penduduk dan fasilitas publik dengan menyemprot cairan disinfektan.

"Penyemprotan cairan disinfektan akan terus kami lakukan hingga 21 April mendatang dengan sasaran utama perumahan penduduk dan fasilitas-fasilitas publik. Hal ini dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19," kata Pelaksana Harian Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Palangka Raya, Emi Abriyani di Palangka Raya, Senin.

Dia menerangkan, penyemprotan cairan disinfektan itu dilakukan tim pelaksana penyemprotan masal yang dibagi dalam 12 tim seperti dari Dinas Kesehatan, MDMC Muhammadiyah, BPBPK Kalteng, Gegana Polda Kalteng, Brimob Polda Kalteng. Selain itu juga dari BPBD Kota Palangka Raya, Banser NU, Damkar dan Manggala Agni.

Baca juga: Bupati Barut instruksikan bilik sterilisasi gunakan antiseptik cair

Penyemprotan cairan disinfektan itu dilakukan setiap hari oleh petugas seiring dengan dilaksanakannya sosialisasi bahaya, pencegahan, penanggulangan virus yang berasal dari China itu.

Menurut Emi yang juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) "Kota Cantik" itu, sampai saat ini penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan Tim Gugus Tugas COVID-19 sudah mencapai 400 titik.

"Penyemprotan dan sosialisasi ini juga untuk menggerakkan dan menyadarkan masyarakat agar semakin menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Selain itu peran serta masyarakat dalam penanggulangan COVID-19 sangat diperlukan. Minimal dengan mematuhi aturan yang ditetapkan pemerintah," kata Emi.

Baca juga: Cegah penularan COVID-19, resepsi pernikahan warga Palangka Raya dibubarkan

Pihaknya pun mengapresiasi partisipasi sejumlah masyarakat yang secara swadaya melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan tempat tinggal dan partisipasi pedagang dalam menyediakan tempat cuci tangan disertai sabun.

Sementara itu, Juru Bicara Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Palangka Raya Andjar H. Purnomo menambahkan, langkah paling efektif dalam mencegah tertularnya virus corona dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), mencuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir, menjaga jarak saat bicara dengan orang lain minimal 1,5 meter, dan tetap di rumah bila tidak ada kepentingan mendesak.

"Yang penting kita sarankan yang paling efektif untuk pencegahan infeksi personal atau perorangan adalah cuci tangan pakai sabun dan air bersih mengalir secara rutin setelah berkegiatan, sebelum dan sesudah makan minum dan setelah dari kamar mandi," kata pria yang juga sebagai Kepala Dinas Kesehatan Palangka Raya itu.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya bantah tutup sejumlah pasar tradisional

Baca juga: Tim Gugus Tugas sosialisasikan pencegahan virus corona setiap hari

Baca juga: ODP COVID-19 Barut turun dari 11 menjadi tujuh