Pemkab Kobar telah siapkan beberapa langkah cegah dan tangani Covid-19

id Kalimantan Tengah,Kalteng,Kabupaten Kotawaringin Barat,Kobar,Waki Bupati Kobar,Ahmadi Riansyah,virus corona,corona

Pemkab Kobar telah siapkan beberapa langkah cegah dan tangani Covid-19

Wakil Bupati Kotawaringin Barat Ahmadi Riansyah melakukan percobaan terhadap alat Health Quarantine Check yang ada di Bandara Iskandar Pangkalan Bun untuk memastikan apakah berfungsi dengan baik. ANTARA/Hendri Gunawan.

Pangkalan Bun, Kobar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah, telah mempersiapkan beberapa langkah untuk mencegah dan menangani penyebaran pandemi virus Corona atau covid-19 di wilayah setempat.

Langkah yang dilakukan yakni mendorong gotong royong, kepedulian dan kesadaran semua pihak untuk bersama mematuhi himbauan pemerintah daerah dalam menjalankan protokol kesehatan pencegahan dan penanganan Covid -19, kata Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah di Pangkalan Bun, Selasa.

"Memperketat pintu masuk ke Kobar baik jalur darat, laut dan udara, sekaligus melakukan pemantauan ketat terhadap ODP dan orang yang baru datang dari daerah tertular," ucapnya.

Kemudian, lanjut Ahmadi, melakukan pendampingan dan pemberian bantuan vitamin yang dapat meningkatkan sistem imun kepada masyarakat yang rentan terhadap penularan Covid-19 seperti manula dan masyakat yang memiliki riwayat penyakit penyerta.

Pemerintah daerah juga sepakat untuk mengembangkan ruang isolasi dengan pemanfaatan Rusun Rumah Sakit untuk 35 Pasien, Puskesmas Sido Mulyo 8 Pasien, Puskesmas Sei Tenda 8 Pasien, Gedung LPTQ 100 Pasien, Eks Rumah Sakit Kesuma 17 Pasien.

Termasuk beberapa bangunan lain yang apabila dalam kondisi mendesak dapat di gunakan dan dialih fungsikan untuk ruang isolasi. Dan, memetakan potensi SDM di bidang kesehatan serta memastikan APD tersedia dengan cukup untuk para tenaga kesehatan. 

"Apabila terjadi kondisi mendesak, maka pemerintah daerah akan melakukan rekrutmen relawan tenaga kesehatan yang memiliki kualifikasi di bidang kesehatan," beber Ahmadi

Baca juga: Cegah covid-19, Pengadilan di Kobar digelar melalui sidang on-line

Selain itu, lanjut dia, memastikan persediaan Kebutuhan Pokok cukup dan melalui satgas pangan akan menindak tegas oknum yang melakukan penimbunan kebutuhan pokok demi keuntungan pribadi.

Memberikan perlindungan sosial dan stimulus ekonomi kepada kelompok masyarakat yang rentan terhadap dampak Covid-19, dan mendorong sektor produktif jangka pendek bidang pertanian, perikanan, peternakan, dan UMKM.

"Caranya ya memberikan bantuan penanaman sayur mayur kepada kelompok tani dan masyarakat  yang memiliki lahan siap tanam, memberikan bantuan bibit ikan, meningkatkan produksi ayam petelur dan pedaging, serta bantuan terhadap UMKM," demikian Ahmadi.

Baca juga: Tuding PT KPC produksi bom, oknum wartawan di Kobar ditangkap polisi

Baca juga: Kobar lakukan desinfeksi massal

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar