Dinas Kesehatan Barsel terus memantau kondisi 42 ODP

id Dinas Kesehatan Barsel terus memantau kondisi 42 ODP,Virus Corona, COVID-19

Dinas Kesehatan Barsel terus memantau kondisi 42 ODP

Kepala Dinas Kesehatan Barito Selatan, dr Djulita Kurniadia Palar (tiga dari kanan) berfoto dengan memperlihatkan peralatan cuci tangan yang dibantu pihak ketiga. ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Selatan Kalimantan Tengah, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di wilayah setempat bertambah menjadi 42 orang.

"Hingga hari ini, jumlah ODP tercatat sebanyak 42 orang, dan jumlah tersebut bertambah dari hari sebelumnya yang hanya berjumlah 40 orang," kata Kepala Dinas Kesehatan Barito Selatan dr Djulita Kurniadia Palar di Buntok, Selasa.

Untuk jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak tiga orang. Dua orang PDP dirawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, dan satu orang sedang dirawat di RSUD Jaraga Sasameh Buntok.

Warga yang berstatus ODP tersebut berada di rumah masing-masing melakukan isolasi mandiri. Pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap 42 orang tersebut.

Warga yang berstatus ODP dan PDP itu berasal dari sejumlah kecamatan yang ada di Barito Selatan. Mereka umumnya baru datang setelah bepergian dari daerah lain yang sudah terdampak Corona Virus Disease (COVID-19).

Pihaknya terus memantau warga yang berpergian ke luar negeri maupun yang datang dari negara terjangkit serta yang datang dari wilayah yang ada penularan transmisi lokal.

Selain itu ia juga mengimbau kepada masyarakat supaya menerapkan 'physical distancing' dan 'social distancing'. Mereka disarankan bisa berdiam diri di rumah serta menghindari kerumunan orang banyak.

Warga diminta tetap menjaga kebersihan,dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Jika warga terus berupaya meningkatkan daya tahan tubuh, maka akan terhindar dari penyakit.

"Kita mengharapkan kepada masyarakat agar bisa bekerjasama, dan kerjasamanya dengan mengurangi aktivitas di luar rumah," pinta Djulita Kurniadia Palar yang juga juru bicara Gugus Tugas COVID-19 Barito Selatan itu.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Barito Selatan bersama instansi lainnya yang tergabung dalam Gugus Tugas terus berupaya semaksimal mungkin dalam mencegah penyebaran COVID-19 di daerah ini.

Baca juga: DPRD Barsel harap masyarakat dukung kebijakan pemerintah soal COVID-19

Baca juga: DPRD Barsel: Perlu ada kesadaran dari masyarakat terapkan hidup sehat

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar