Cegah COVID-19, Barito Utara perketat akses masuk

id akses masuk barito utara,diperketat,pos kandui

Cegah COVID-19, Barito Utara perketat akses masuk

Seorang warga yang masuk ke Barito Utara diperiksa oleh petugas Tim Gugus Tugas COVID-19 di Desa Kandui Kecamatan Gunung Timang.ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara sangat serius menangani pencegahan penyebaran COVID-19, dengan cara memperketat akses masuk ke wilayah kabupaten setempat melalui jalur darat di wilayah Desa Kandui Kecamatan Gunung Timang.

"Saya minta kepada petugas jaga untuk memperketat akses masuk ke wilayah Kabupaten Barito Utara," kata Camat Gunung Timang Bahrum Poderlin Girsang di Kandui, Jumat. 

Data yang peroleh dari Tim Gugus Tugas COVID-19  jalur darat  Kandui selama sepekan mulai dari tanggal 26 Maret  sampai 3 April 2020 pukul 08.00 WIB terdata sebanyak 8.502 jiwa.

Serta meminta tim untuk mendata secara khusus bagi masyarakat yang datang dari zona merah dengan mendata melalui KTP asal, dan tujuan serta nomer telepon yang bisa di hubungi, nantinya data ini akan di berikan kepada kecamatan yang bersangkutan tinggal untuk di lakukan pemantauan.

Lebih lanjut Camat Kandui, setiap pengendara roda dua, empat dan enam yang menerobos pemeriksaan posko gugus tugas akan kita lakukan pengejaran, hal ini guna mencegah penyebaran COVID-19. 

“Tidak menutup kemungkinan, siapa tahu mereka yang menerobos diduga suspect COVID-19," kata dia.

Sementara Kepala Puskesmas Kandui  Kecamatan Gunung Timang Frit Tarong mengatakan setiap orang yang datang dari Kabupaten/kota yang merupakan zona merah bisa di bilang orang tanpa gejala (OTG)/terpapar.

“Jika orang tersebut mengalami salah satu gejala seperti sakit tenggorokan, batuk, demam, dan kesulitan bernafas orang ini bisa dikatakan orang dalam pemantauan (ODP), maka kita akan membawa yang bersangkutan ke rumah sakit untuk diperiksa lebih mendalam mulai dari riwayat perjalan, bila hasilnya negatif maka kita sarankan untuk karantina mandiri selama 14 hari di rumah," katanya.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar