Jumlah pasien sembuh COVID-19 di Kalteng bertambah

id Virus corona, covid 19, palangka raya, kalteng, kalimantan tengah, kasus positif, sembuh covid 19, tim gugus tugas

Jumlah pasien sembuh COVID-19 di Kalteng bertambah

Ketua Tim Gugus Tugas COVID-19 Kalteng Leonard S Ampung (kanan) saat menerima bantuan APD dan masker dari pemerintah pusat di Palangka Raya, Sabtu, (4/4/2020). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Tim Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Kalimantan Tengah merilis data terbaru perkembangan terkini yang menegaskan, jumlah pasien sembuh dari kasus terkonfirmasi positif bertambah sebanyak dua orang pada Sabtu (4/4).

"Dari sebanyak 11 kasus positif COVID-19, hingga hari ini total yang sembuh yaitu 4 orang, sehingga yang kini dirawat di rumah sakit menjadi 7 orang," kata Ketua Tim Gugus Tugas COVID-19 Kalteng Leonard S Ampung di Palangka Raya, Sabtu.

Pihaknya mengingatkan, data bersifat kumulatif, sehingga meskipun ada pasien yang dinyatakan sembuh, jumlah kasus positif tidak akan berubah. Sebaran kasus positif COVID-19 Kalteng, yakni sebanyak 10 kasus di Palangka Raya dan 1 kasus di Kotawaringin Barat.

Sedangkan jumlah pasien dengan pengawasan (PDP) di Kalteng hingga saat ini, yaitu sebanyak 43 orang, tersebar di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya sebanyak 31 orang, RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun 9 orang dan RSUD Murjani Sampit 3 orang.

Distribusi PDP berdasarkan daerah asalnya, yaitu Palangka Raya 22 orang, Kotawaringin Barat 9 orang, Kotawaringin Timur 4 orang, Barito Utara dan Kapuas masing-masing 3 orang, serta Barito Timur dan Murung Raya masing-masing 1 orang.

Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) jumlahnya kini menjadi 611 orang, berkurang sebanyak 48 orang dibandingkan hari sebelumnya yakni sebanyak 659 orang. Saat ini ODP terbanyak di Palangka Raya yaitu 141 orang.

Kemudian zona merah terkait kasus COVID-19 di Kalteng adalah di Palangka Raya dan Pangkalan Bun, sebab kasus positif hanya berasal dari dua daerah tersebut.

Sedangkan Barito Timur, Barito Utara, Murung Raya, Kapuas dan Kotawaringin Timur menjadi zona kuning karena adanya PDP. Sisanya, yakni Barito Selatan, Gunung Mas, Pulang Pisau, Katingan, Seruyan, Lamandau serta Sukamara merupakan zona hijau karena tidak ada ditemukan PDP saat ini.

Lebih lanjut pihaknya tak henti-hentinya mengingatkan semua pihak, untuk terus mendukung upaya memutus rantai penyebaran COVID-19, yakni dengan menerapkan pola hidup sehat dan bersih, serta menerapkan pembatasan sosial atau 'social distancing' dengan baik.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar