Pemkot pasang fasilitas cuci tangan di 100 lokasi

id Palangka Raya,Emi Abriyani,fasilitas cuci tangan,Pemkot pasang fasilitas cuci tangan di 100 lokasi

Pemkot pasang fasilitas cuci tangan di 100 lokasi

Warga menggunakan wastafel yang disiapkan Pemerintah Kota Palangka Raya sebagai upaya antisipasi Penyebaran COVID-19. (ANTARA/HO)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah telah menyediakan fasilitas tempat cuci tangan di 100 lokasi di tempat-tempat yang menjadi pusat berkumpulnya masyarakat sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

"Kami terus berupaya melakukan upaya-upaya pencegahan. Mari bersama kita cegah virus Corona," kata Pelaksana Harian Tim Gugus Tugas COVID-19 Palangka Raya, Emi Abriyani, Selasa.

Sejumlah lokasi di "Kota Cantik" yang telah disiapkan tempat cuci tangan itu seperti di Pasar Besar jalan Jawa, Samping BRI jalan A.Yani dan di Plaza Telkom Palangka Raya.

Tempat cuci tangan itu dilengkapi dengan sabun. Sedangkan sumber air bersih yang digunakan memanfaatkan pipa air saluran Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Palangka Raya.

Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin pun mengajak masyarakat memanfaatkan fasilitas cuci tangan tersebut serta menjaga dan merawat agar tetap dalam kondisi baik.

"Jangan sampai nanti tiba-tiba sabunnya hilang, wastafelnya rusak, saluran airnya mampet dan sebagainya. Pemerintah sudah menyediakan tempat atau sarananya, masyarakat tinggal menjaga dan memanfaatkan saja," katanya.

Wali Kota Palangka Raya termuda itu pun meminta masyarakat di kota setempat untuk tidak panik dan jangan mudah termakan isu yang belum pasti (hoax) mengenai virus corona (COVID-19).

Dia pun mengimbau masyarakat yang merasakan merasa gejala-gejala terjangkit COVID-19 agar segera memeriksakan diri ke puskesmas terdekat maupun ke rumah sakit terdekat.

Selain itu, jika terdapat tanda-tanda orang dengan gejala COVID-19 di lingkungan sekitar tempat tinggal/tempat kerja masing-masing, segera melaporkan atau berkoordinasi melalui call center 082157336165, 08125086776, 082357720665 dan 0811523004.

Kepala daerah termuda di Kalimantan Tengah itu juga mengimbau kepada masyarakat di daerahnya, agar tidak berpergian ke luar daerah maupun ke luar rumah, apabila tidak ada keperluan yang sifatnya mendesak.

Hal ini guna mengantisipasi penyebaran virus corona yang tidak kasat mata menempel di tubuh warga. Sebab pemkot juga sudah berusaha melakukan pencegahan dengan cara menyemprot cairan disinfektan buatan ke sejumlah titik, seperti sekolah, perkantoran dan fasilitas umum di daerah itu.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar