Plt Kadinkes bagikan tips sembuh dari corona

id Kadinkes kediri, sembuh dari corona, covid 19, plt kadinkes kediri sembuh dari corona

Plt Kadinkes bagikan tips sembuh dari corona

Tips Plt Kadinkes Kediri sembuh dari corona

Kediri (ANTARA) - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dr Bambang Triono Putro yang sudah dinyatakan sembuh setelah terkonfirmasi positif COVID-19 membagikan berbagai resep antara lain menghindari paparan berita COVID-19 untuk menjaga mentalnya.

Ia mengungkapkan, selama dalam perawatan di RSUD SLG Kabupaten Kediri, berusaha memperhatikan asupan gizi, membiasakan untuk disiplin, dan menjaga mental.

"Saya berusaha menjaga mental saya, terutama soal berita yang saya anggap negatif terkait COVID 19 seperti kematian, penyebaran dan lainnya. Saya juga selalu mendapat dukungan dan komunikasi dari keluarga dan orang tersayang. Bahkan Bupati Kediri, Bu Haryanti juga memberikan dukungan dan semangat kesembuhan," paparnya di Kediri, Rabu.

Ia menyebut, dukungan dan semangat untuk sembuh dari keluarga, teman untuk melawan virus tersebut juga sangat dibutuhkan. Selain itu, berbagai makanan bergizi dan vitamin juga dibutuhkan.

"Untuk asupan makanan dan vitamin semua telah dicukupi oleh rumah sakit," kata dr Bambang yang
 saat ini sedang proses pemulihan di rumah.

Baca juga: Pangeran William imbau publik perhatikan kesehatan mental saat wabah
Baca juga: Pakar: Bahagia dan berpikir positif kunci tangkal COVID-19


Ia mengaku, mulai merasa tidak enak badan sejak Selasa (24/3), dengan gejala sakit batuk dan sesak, yang mirip dengan gejala COVID-19.

Untuk itu, ia mengisolasi diri di dalam rumah. Namun, karena batuk dan sesak nafas yang dirasakannya semakin parah, ia meminta untuk diisiolasi di RSUD SLG Kabupaten Kediri pada Jumat (27/3).

"Kebetulan saya seorang tenaga medis dan saya mengerti bagaimana cara menjaga diri saya dan keluarga dengan menjaga jarak, menggunakan masker dan asupan gizi. Namun gejala sakit saya semakin parah, sehingga saya langsung ke RSUD SLG untuk dilakukan perawatan karantina," kata dia.

Ia juga berharap seluruh masyarakat untuk mematuhi imbauan pemerintah dan tetap menjaga kesehatan, dengan rutin cuci tangan dan menggunakan masker.

Baca juga: WHO ingatkan jaga kesehatan mental, kurangi rokok saat krisis COVID-19
Baca juga: Milenial diminta jaga kesehatan mental saat "social distancing"


Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mengungkapkan bahwa dr Bambang Triono Putro telah negatif dari virus corona dan saat ini sedang proses pemulihan di rumah.

Juru Bicara Penanganan Percepatan COVID-19 Kabupaten Kediri dr Ahmad Chotib mengungkapkan hasil swab yang bersangkutan sudah dinyatakan negatif.

"Dr. Bambang sudah pulih. Seluruh hasil swabnya negatif alias sembuh dari COVID-19. Ini juga telah diketahui provinsi," kata dr Ahmad di Kediri, Rabu.

Ia mengatakan, hasil swab itu keluar dari pemeriksaan yang rutin dilakukan oleh petugas medis. Saat ini, yang bersangkutan sudah diizinkan untuk pulang ke rumahnya.

"Namun, kami terus melakukan pemantauan kondisi kesehatannya selama di rumah," katanya.