Program pembangunan Bartim di tahun 2021 harus mengacu skala prioritas

id Kalimantan Tengah, Kalteng,Kabupaten Barito Timur,Bartim,Wakil Bupati Bartim,Bupati Bartim, Ampera AY Mebas , Habib Said Abdul Saleh Al Qadry

Program pembangunan Bartim di tahun 2021 harus mengacu skala prioritas

Musrenbang Kabupaten Bartim tahun 2020 untuk merencanakan pembangunan tahun 2021 dilaksanakan secara online melalui video jarak jauh di Tamiang Layang, Senin (13/4). ANTARA/HO-Diskominfo Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas melalui Wakil Bupati Habib Said Abdul Saleh Al Qadry mengingatkan sekaligus meminta, rencana program dan kegiatan pembangunan daerah untuk tahun 2021 yang akan dibahas dan dirumuskan supaya dipilih dan dipilah menurut skala prioritas.

Selain mengacu pada skala prioritas juga harus dikelompokkan berdasarkan sumber pembiayaan APBD Kabupaten dan Provinsi Kalteng serta APBN, kata Saleh saat membuka Musrenbang Kabupaten Bartim di Tamiang Layang melalui komunikasi aplikasi video jarak jauh di Tamiang Layang, Senin.

"Tak lupa pula harus dikelompokkan pada DAK, Swadaya masyarakat dan dunia usaha swasta. Jadi, keterbatasan dana pembangunan daerah bisa disiasati," tambahnya.

Walaupun dengan skala prioritas, ucapnya, bukan berarti ada maksud untuk mengecilkan atau mengesampingkan keberadaan usulan yang diajukan oleh masing-masing Kecamatan dan Perangkat  Daerah (PD) di lingkungan Pemkab Bartim. Tetapi, mengingat kapasitas dan ketersediaan anggaran keuangan daerah yang masih  terbatas. Sehingga strategi dalam pembangunan daerah mulai mengarah kepada  tiga hal penting.

Kemudian mendorong kerjasama dengan pihak swasta dalam dan  luar negeri maupun dengan daerah lain dalam bentuk kerjasama ekonomi terpadu pemanfaatan sumber daya alam (SDA).

Baca juga: Tingkatkan pengawasan orang dari luar daerah ke Bartim

"Pada era otonomi daerah sekarang ini, peran aktif dan kerjasama ketiga pelaku pembangunan yaitu masyarakat, swasta (dunia usaha) dan pemerintah merupakan faktor penentu keberhasilan pembangunan daerah dan masyarakat," kata Saleh.

Wakil Bupati Bartim itu juga mengingatkan pentingnya menjalin hubungan dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi untuk memperoleh dana-dana pembangunan yang menyentuh langsung kepada program peningkatan kesejahteraan masyarakat. Serta menyusun program terpadu antar perangkat daerah yang bertitik tolak pada pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi kerakyatan.

Dia mengatakan musrenbang Kabupaten Bartim tahun 2020 ini sangat tepat karena dihadiri seluruh pejabat daerah, camat serta pejabat Bappeda Kalteng. Sehingga program dan kegiatan pembangunan yang menjadi kebutuhan daerah dan masyarakat Bartim di dukungan dari Pemerintah Pusat maupun Pemprov Kalteng dalam pendanaan dan penganggarannya.

"Pembangunan daerah merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan swasta atau dunia usaha," tegas Saleh.

Baca juga: Pemkab Bartim wacanakan pemberlakuan PSBB secara bertahap

Dalam pelaksanaan musrenbang, Pemkab Bartim telah melibatkan anggota DPRD Bartim sejak Musrenbang Kecamatan dan Forum Perangkat Daerah Kabupaten Barito Timur sebagai narasumber. Hal ini merupakan impelementasi Surat Edaran Bersama Menteri Negara PPN/Kepala Bappenas dan Menteri Dalam Negeri tentang petunjuk teknis pelaksanaan musrenbang.

"Saya tegaskan kembali, bahwa arah kebijakan pembangunan Kabupaten Bartim tahun 2021 yakni fokus pada peningkatan perekonomian masyarakat berbasis pembangunan ekonomi kerakyatan, dengan tema pembangunan Bartim yang maju dan unggul,” kata Saleh.

Dengan tema tersebut, lanjutnya, pembangunan di Bartim menitikberatkan pada pembangunan infrastruktur, pembangunan SDM dan peningkatan perekonomian masyarakat berbasis pembangunan ekonomi kerakyatan. Pemberlakuan hal ini agar Kabupaten Bartim memiliki infrastruktur yang memadai dan memiliki SDM yang berkualitas dan mumpuni untuk mendukung pembangunan daerah.

Baca juga: Pengunjung dan pedagang pasar di Bartim diminta gunakan masker

Baca juga: DPRD realokasikan Rp630 juta untuk penanganan COVID-19 di Bartim

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar