Polda Kalteng bantu PMI tambah stok kantong darah

id Polda kalteng, kalimantan tengah, polisi, bakti sosial, donor darah, pmi, palang merah indonesia

Polda Kalteng bantu PMI tambah stok kantong darah

Kapolda Kalteng Irjen Pol Ilham Salahudin mendonorkan darahnya saat kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan di Palangka Raya, Rabu, (15/4/2020). (ANTARA/Adi Wibowo)

Palangka Raya (ANTARA) - Ratusan personel Polda Kalimantan Tengah mendonorkan darahnya dengan tujuan membantu Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Kota Palangka Raya, guna menambah jumlah persediaan pada unit tersebut.

Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Ilham Salahudin di Palangka Raya, Rabu mengatakan, saat wabah COVID-19 stok mulai menipis, sehingga pihaknya membantu PMI setempat menggelar donor darah agar ketersediaan di Palangka Raya selalu ada setiap saat.

"Semoga bermanfaat bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan darah yang akan disimpan di UPD PMI Palangka Raya tersebut," katanya usai mendonorkan darahnya yang dilaksanakan di Gedung Aula Graha Polda Kalteng.

Menurut Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Kalteng Kombes Ebet sekaligus ketua panitia kegiatan menuturkan, target pengumpulan darah yakni sebanyak 300 kantong.

Bahkan pihaknya juga memerintahkan Polres di jajaran Polda Kalteng melalui surat telegram, melakukan hal serupa, dengan maksud memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan darah saat pandemi COVID-19 seperti ini.

"Setelah kami analisa memang banyak warga yang membutuhkan darah, maka dari itu kegiatan ini langsung kami laksanakan yang tujuannya untuk masyarakat luas," ucap Ebet.

Di lokasi yang sama, Kepala UPD PMI Palangka Raya dr Maria Dewi menegaskan, selama terjadinya pandemi COVID-19 ketersediaan darah sangat berkurang.

Apalagi per bulannya yang semula pihaknya bisa menyetok darah hingga sebanyak 1.250 kantong darah, saat wabah ini menyerang persediaannya hanya ada 650 kantong darah saja. Sedangkan permintaan kantong darah itu disediakan untuk setiap rumah sakit yang ada di Palangka Raya.

"Apalagi semua kegiatan mengenai donor darah semuanya dibatalkan, makanya stok darah berkurang, ya kami pun memaklumi juga," kata dia.

Ditambahkan dokter berparas cantik itu, dengan adanya kegiatan donor darah yang dilaksanakan Polda Kalteng, tentunya bisa menjadi contoh bagi instansi ataupun organisasi lainnya di Palangka Raya, agar bisa melakukan hal yang sama.

"Kegiatan donor darah yang dilakukan Polda Kalteng bisa dicontoh instansi lain. Bahkan saya tegaskan kegiatan donor darah tidak dapat terjadi penularan COVID-19 karena sampai saat ini tidak ada buktinya kalau yang kami lakukan ini bisa menularkan virus tersebut," ujarnya.