Pemkab Barut berupaya tingkatkan sarana TK Negeri baru

id dinas penddikan barito utara,tk negeri,baru,tingkatkan sapras,kadis pendidikan ,syahmiludin a surapati,sekolah barut

Pemkab Barut berupaya tingkatkan sarana TK Negeri baru

Plt Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara Syahmiludin A Surapati saat mengunjungi salah satu sekolah yang ada di daerah ini.(ANTARA/HO-Dinas Pendidikan Barito Utara)

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara berupaya meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana sekolah Taman Kanak-Kanak swasta yang ditingkatkan menjadi negeri yang baru melalui  bantuan pemerintah pusat maupun Provinsi Kalimantan Tengah.

"Sesuai ketentuan regulasi yang ada hingga saat ini untuk kegiatan yang bisa mendapat bantuan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan yang bersumber dari APBN melalui DAK fisik hanya bisa diberikan kepada TK yang berstatus negeri saja, sementara untuk TK swasta hanya bisa di bantu melalui APBD," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara Syahmiludin A Surapati di Muara Teweh, Kamis.

Menurut dia, dengan telah disetujuinya penambahan TK negeri  beberapa waktu lalu akan dijadikan dasar bagi Dinas Pendidikan Barito Utara untuk berkoordinasi dengan pihak BP-PAUD Provinsi Kalteng maupun Kemendikbud untuk membantu pembenahan dan peningkatan sapras TK-TK Negeri baru tersebut melalui DAK fisik jenjang TK/PAUD pada tahun anggaran 2021.

Pengelolaan TK/PAUD yang dilakukan oleh sebagian besar Yayasan maupun TP PKK desa dinilai saat ini masih belum maksimal dan terkesan sangat sulit berkembang karena terbatasnya kemampuan finansial, tenaga pendidik maupun sapras yang bisa disediakan oleh pengelola.

"Keterbatasan kemampuan ini bisa kita mengerti disamping minim dukungan yang bisa disediakan pengelola, juga karena pemahaman tentang pentingnya pendidikan pada jenjang TK/PAUD ini tidak semua pihak dapat menyadarinya,” katanya.

Padahal, kata dia, ibarat pertumbuhan tanaman, maka dari bibit yang baik dan berkualitas lah akan didapat hasil yang baik dengan produktifitas yang tinggi. 

Dukungan dan perhatian dari Bupati Barito Utara maupun semua pihak terkait, kata dia, baik yang ada di tingkat eksekutif maupun kalangan DPRD Barito Utara yang sangat besar akan dijadikan momentum bagi kalangan Dinas Pendidikan untuk lebih giat lagi membangun dan memajukan sektor pendidikan di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan.

"Sesuai dengan petunjuk dan arahan Bupati Barito Utara yang meminta agar Disdik setempat bisa secara nyata menyusun program maupun kebijakan yang dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas pendidikan yang ada disetiap Kecamatan di daerah ini," kata dia.

Program tersebut diminta bupati, harus terukur dan secara nyata dapat terlihat pada masing-masing kecamatan se-Barito Utara. 
Selain itu  harus ada sekolah-sekolah yang bisa menjadi model rujukan sekolah-sekolah disekitarnya pada satuan pendidikan jenjang TK, SD maupun SLTP.

"Pendidikan yang maju dan berkualitas jangan hanya ada di ibukota kabupaten saja. Tapi hendaknya bisa merata disemua wilayah kecamatan di Barito Utara,”  ujar Syahmiludin.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar