348 warga Barsel mendaftar untuk kartu pra kerja

id Pemkab barsel, barito selatan, buntok, pra kerja, dinas tenaga kerja dan transmigrasi, disnakertrans

348 warga Barsel mendaftar untuk kartu pra kerja

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Barito Selatan, Agus In'yulius. (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Sebanyak 348 warga Barito Selatan, Kalimantan Tengah sudah mendaftarkan dirinya untuk mendapatkan kartu pra kerja dari pemerintah pusat.

"Dari jumlah tersebut sebanyak 228 orang yang sudah teregister dan sisanya masih menunggu jawaban dari pusat," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Barito Selatan, Agus In'yulius di Buntok, Jumat.

Ia mengatakan, masyarakat usia produktif yang mendaftar untuk mendapatkan kartu pra kerja tersebut, tercatat mereka yang berdomisili di area Buntok.

Sedangkan masyarakat dari lima kecamatan lainnya di Barito Selatan, masih belum ada yang mendaftar untuk mendapatkan kartu pra kerja dari pemerintah pusat tersebut.

Oleh karena itu, pihaknya beberapa waktu lalu sudah menyampaikan surat kepada pihak kecamatan dan desa supaya bisa mendata warganya.

Menurutnya, pihaknya yang berada di sekretariat bersama (Sekber) empat dinas yang mendata warga penerima bantuan tersebut, akan terus melaksanakan pendataan hingga empat bulan kedepan.

Ia menjelaskan, untuk kuota kartu pra kerja Kalimantan Tengah sebanyak 49. 472 orang dan untuk Barito Selatan masih belum ditentukan.

"Kalau dari jumlah tersebut dibagi 13 kabupaten 1 kota di Kalimantan Tengah, maka per kabupaten mendapatkan sekitar di atas 3.500 orang dan Barito Selatan paling tidak akan mendata sebanyak jumlah itu," jelas Agus In'yulius.

Ia mengharapkan kepada masyarakat yang ingin mendapatkan kartu pra kerja bisa mendatangi sekretariat bersama pada Disnakertrans Barito Selatan.

Karena kata dia, bagi mereka yang mendapatkan kartu pra kerja akan diberikan insentif sebesar Rp600 ribu ditambah Rp1 juta untuk membeli modul pada bulan pertama.

Sedangkan pada bulan kedua, ketiga dan keempat, mereka yang mendapatkan kartu pra kerja akan mendapatkan insentif sebesar Rp650 ribu dalam setiap bulannya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar