Legislator: Musrenbang RKPD 2021 diharapkan akomodir semua usulan kecamatan

id DPRD Kapuas,Wakil Ketua DPRD Kapuas Yohanes,Musrenbang RKPD 2021 diharapkan akomodir semua usulan kecamatan

Legislator: Musrenbang RKPD 2021 diharapkan akomodir semua usulan kecamatan

Wakil Ketua I DPRD Kapuas, Kalimantan Tengah, Yohanes (kiri) menghadiri pembukaan Musrenbang RKPD sekaligus penandatangan berita acara kesepakatan terhadap substansi rancangan RKPD tahun 2021, di Aula Kantor Bappeda Kapuas. ANTARA/ HO-Diskominfo Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah Yohanes mengharapkan, Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2021, yang telah dilaksanakan dapat mengakomodir semua usulan hasil Musrenbang tingkat kecamatan yang telah dilaksanakan.

"Kita berharap bisa diakomodir semua usulan-usulan yang ada, dan mudah-mudahan anggaran kita tersedia untuk kegiatan tersebut," kata Yohanes di Kuala Kapuas belum lama ini.

Wakil rakyat yang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas II ini, berharap juga agar usulan skala prioritas dapat diutamakan, baik infrastruktur pembangunan jalan dan jembatan, pendidikan, kesehatan maupun lainnya.

Baca juga: DPRD Kapuas dengarkan LKPj Bupati melalui video conference

Sementara itu, Musrenbang tingkat kabupaten ini dibuka secara langsung oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, dan dirangkai dengan Penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Terhadap Substansi Rancangan RKPD Tahun 2021 yang ditandantangani oleh empat orang perwakilan yaitu Wakil Ketua I DPRD Kapuas Yohanes, Pj Sekda Kabupaten Kapuas Masrani, Camat Selat Noor Rahman, dan Tokoh Agama JS Lamon.

Sebelumnya, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam sambutannya meminta usulan APBD Kapuas melalui OPD yang telah diusulkan dan diakomodir harus di evaluasi kembali mana kegiatan yang harus di fokuskan dan  diprioritaskan.

“Perlu adanya perencanaan, harus berkoordinasi dengan bapak atau ibu camat yang benar-benar mengetahui permasalahan yang ada di wilayah kecamatannya.

Baca juga: Anggota DPRD Kapuas berikan bantuan APD ke tenaga medis COVID-19

Kemudian, kata Ben, lakukan perencanaan yang baik dimana sudah tentu adanya perencanaan yang baik maka pelaksanaannya akan bertambah ringan, baik lebih lanjut dalam hal pengawasan dan pemeliharaan.

“Kita harus jeli dan banyak mendengar informasi dari bapak dan ibu camat, apa sebenarnya kebutuhan utama di daerahnya, itu dulu yang kita kejar,” tegas Ben

Untuk OPD, Ben meminta agar mengekspose satu-satu kegiatan mana yang lebih di prioritaskan, harus benar-benar realistis, jangan asal-asalan. Karena semua harus bekerja sama, kerja cepat dan selalu koordinasi satu sama lain.

Baca juga: PBS diminta fokuskan CSR bantu warga Kapuas tangani COVID-19

Baca juga: Wakil Ketua DPRD Kapuas ajak masyarakat cegah penularan COVID-19

Baca juga: ATM di Kapuas harusnya dilengkapi sarana cuci tangan