DPRD Seruyan harap masyarakat aktif bantu antisipasi penyebaran COVID-19

id DPRD Seruyan,Seruyan,Hary Darmawan,Kuala Pembuang,DPRD Seruyan harap masyarakat aktif bantu antisipasi penyebaran COVID-19

DPRD Seruyan harap masyarakat aktif bantu antisipasi penyebaran COVID-19

Anggota DPRD Seruyan Hary Darmawan. ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang, Seruyan (ANTARA) - Jajaran anggota DPRD Seruyan berharap kepada masyarakat baik dari kepala desa hingga tingkat RT/RW untuk terus aktif membantu pemerintah daerah dalam upaya pencegahan dan antisipasi penyebaran COVID-19 atau virus Corona.

“Peran pemerintah desa hingga masyarakat dinilai sangat strategis dalam membantu maupun mendukung kebijakan pemerintah daerah dalam upaya pencegahan COVID-19,” kata anggota DPRD Seruyan Hary Darmawan saat dikonfirmasi di Kuala Pembuang, Sabtu.

Menurut dia, pemerintah desa atau masyarakat setempat sangat berperan dalam membantu pemerintah daerah untuk terus mensosialisasikan bahaya dan cara mengantisipasi wabah COVID-19 secara langsung.

“Kepala desa beserta perangkatnya bisa membentuk relawan COVID-19 tingkat desa, untuk mengurangi tingkat penyebaran virus corona melalui pengawasan dan penjagaan terhadap pintu keluar masuk desa. Hal ini dilakukan untuk membantu pemerintah yang saat ini tengah perang melawan COVID-19,” ungkap Hary.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini berharap kepala desa hingga RT/RW bisa terus proaktif dalam memberikan informasi kepada warganya atas bahaya dan dampak yang ditimbulkan dari COVID-19 tersebut.

“Kepala desa secara khusus pastinya mengetahui kultur wilayah desanya, yang mana aktivitas masyarakatnya biasa lakukan. Dengan demikian penyampaian informasi terkait COVID-19 bisa tersampaikan secara langsung,” jelas Hary.

Lebih lanjut Hary mengatakan, upaya pemerintah dalam penanggulangan pencegahan COVID-19 akan lebih maksimal jika selalu dibarengi peran serta dari masyarakat desa, karena desa memiliki peran yang sangat penting dalam penanganan dampak akibat wabah COVID-19 ini.

“Penanggulangan penyebaran atau memutus mata rantai COVID-19, desa lebih memahami tentang keadaan masyarakatnya. Keterlibatan warga desa untuk percepatan penanggulangan COVID-19 ini sangat dibutuhkan sekali,” demikian Hary.