Pasien positif COVID-19 di Barsel bertambah menjadi tujuh orang

id Pasien positif COVID19 di Barsel bertambah menjadi tujuh orang,Barito selatan,Virus Corona, COVID-19

Pasien positif COVID-19 di Barsel bertambah menjadi tujuh orang

Ilustrasi

Buntok (ANTARA) - Jumlah warga Barito Selatan Kalimantan Tengah yang positif tertular Corona Virus Disease 19 (COVID-19) bertambah menjadi tujuh orang.

"Berdasarkan hasil swab yang kita terima kemarin, satu orang lagi dinyatakan positif COVID-19, sehingga jumlah kasus positif virus corona di Barsel berjumlah tujuh orang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Barito Selatan, dr Djulita Kurniadia Palar di Buntok, Rabu.

Ia mengatakan, hingga hari ini, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Barito Selatan sebanyak 64 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tetcatat sebanyak 8 orang. Warga berstatus ODP dan PDP tersebut tersebar di beberapa kecamatan di daerah ini.

Ia menerangkan, untuk di Kecamatan Dusun Selatan jumlah ODP tercatat sebanyak 49 orang, dan PDP 7 orang dan positif COVID-19 sebanyak 6 orang. Jumlah ODP di Kecamatan Jenamas sebanyak 12 orang dan positif COVID 19 sebanyak 1 orang.

Sementara itu untuk jumlah ODP di Kecamatan Dusun Utara sebanyak 2 orang, sedangkan PDP dan positif COVID-19 tidak ada. Jumlah ODP di Kecamatan Karau sebanyak 1 orang.

Untuk jumlah ODP dan PDP di Kecamatan Gunung Bintang Awai dan Kecamatan Dusun Hilir belum ada atau nihil.

Djulita Kurniadia Palar juga mengimbau kepada masyarakat supaya menerapkan 'social distancing dan physical distancing' karena metode ini paling efektif memutus rantai penularan COVID-19.

"Diupayakan 'stay at home' atau berada di rumah saja, dan kalau terpaksa keluar rumah dengan satu sebab gunakan masker, dan sesering mungkin cuci tangan pakai sabun," demikian Djulita Kurniadia Palar.

Kepedulian dan kesadaran masyarakat untuk melindungi diri dan keluarga sangat dibutuhkan untuk memutus mata rantai penularan COVID-19. Kerja keras pemerintah tidak akan membuahkan hasil maksimal tanpa dukungan masyarakat.

Baca juga: Positif COVID 19 di Barito Selatan bertambah menjadi enam orang

Baca juga: Disnakertrans Barsel masih mendata calon penerima kartu prakerja