Penerimaan relawan non-medis ditutup sementara

id virus corona tipe baru ,Gugus Tugas COVID19,Gugus Tugas COVID-19 tutup sementara penerimaan relawan non-medis,relawan non medis,Koordinator Tim Relawa

Penerimaan relawan non-medis ditutup sementara

Seorang Petugas medis (kanan) memeriksa suhu tubuh penumpang menggunakan thermometer non kontak di dalam kapal yang baru tiba dari Melaka, di Pelabuhan PT Pelindo I Dumai di Dumai, Riau, Sabtu (01/2/2020). Otoritas kesehatan Pelabuhan Dumai terus meningkatkan pengawasan dan pemeriksaan kesehatan penumpang kapal dari luar negeri yang tiba di pelabuhan tersebut sejak World Health Organization (WHO) mengumumkan status darurat global virus Corona. ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid /ama.

Jakarta (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 untuk sementara menutup penerimaan relawan non-medis dan berencana membukanya kembali pada Senin pekan depan, kata Koordinator Tim Relawan Gugus Tugas COVID-19 Andre Rahardian.

"Kebutuhan lebih banyak di medis dan untuk non-medis kita akan lakukan klasifikasi ulang. Kita sedang perbaiki mekanisme pendaftaran, jadi untuk sementara mulai hari ini sampai hari Minggu ditutup dulu," kata Andre dalam konferensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB di Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan, perbaikan mekanisme penerimaan relawan dilakukan untuk mempercepat pendataan relawan mengingat Gugus Tugas COVID-19 harus mempercepat gerak guna mengendalikan penyebaran penyakit yang disebabkan oleh virus corona tipe baru itu.

Sampai hari ini, sudah ada 28.900 orang yang menjadi relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dan 5.500 di antaranya adalah relawan medis.

"Karena pandemi, memang yang dibutuhkan lebih banyak tenaga medis. Dari 5.500 yang sudah ada, setelah kita sisir dan seleksi mungkin yang siap ada 2.500 sampai 3.000," kata Andre.

Ia menambahkan, yang dimaksud dengan relawan yang siap adalah yang sudah memenuhi persyaratan seperti memiliki surat tanda registrasi, surat persetujuan dari keluarga, serta hasil pemeriksaan kesehatan.