Begini penjelasan mengenai kasus positif COVID-19 baru di Barsel

id Pemkab barsel, barsel, barito selatan, buntok, virus corona, covid 19, kasus positif

Begini penjelasan mengenai kasus positif COVID-19 baru di Barsel

Ilustrasi. (ANTARA FOTO/REUTERS/Gonzalo Fuentes/wsj.)

Buntok (ANTARA) - Jumlah warga yang positif tertular Corona Virus Disease 19 (COVID-19) di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah bertambah satu orang lagi, sehingga totalnya menjadi 10 orang.

"Positif COVID-19 di Barito Selatan pada hari ini, terkonfirmasi bertambah 1 kasus lagi," kata Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Barito Selatan, dr Djulita Kurniadia Palar di Buntok, Rabu.

Ia mengatakan, pasien yang positif COVID-19 ini memiliki riwayat kontak erat dengan pasien yang sudah terkonfirmasi positif COVID-19 sebelumnya.

"Saat ini pasien tersebut dirawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya. Jadi sampai saat ini jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Barito Selatan sebanyak 10 orang pasien," ungkap Djulita Kurniadia Palar yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan Barito Selatan itu.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, untuk jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Barito Selatan hingga saat ini tercatat sebanyak tujuh orang, dan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) tercatat sebanyak 48 orang.

Sebanyak 48 ODP tersebut, ada yang riwayat kontak dengan kluster Gowa dan ada juga yang datang dari daerah transmisi lokal dengan gejala panas dan batuk.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus tersebut, supaya disiplin menerapkan pembatasan sosial maupun menghindari kontak fisik, karena metode ini paling efektif guna memutus rantai penularan atau penyebaran COVID-19.

"Diupayakan 'stay at home' atau berada di rumah saja, dan kalau terpaksa keluar rumah dengan satu sebab, maka gunakan masker, serta sesering mungkin mencuci tangan pakai sabun, hingga menerapkan pola hidup bersih dan sehat," terangnya.

Guna mengakhiri pandemi COVID-19 ini, tak hanya bisa dilakukan oleh petugas kesehatan, aparat, maupun pemerintah saja, namun juga peran serta dari semua pihak, termasuk masyarakat.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar