Legislator : Biarkan anak bebas memilih jurusan pendidikannya

id DPRD Gumas,DPRD Gunung Mas,Kuala Kurun,Dewan Gumas,Pendidikan S-1

Legislator : Biarkan anak bebas memilih jurusan pendidikannya

Legislator Gumas dari daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun, Iceu Purnamasari (ANTARA/Chandra)

Pendampingan bukan untuk mengarahkan anak agar memilih jurusan sesuai keinginan orang tua, tetapi agar anak berpikir secara matang dan dewasa dalam menentukan pilihan jurusan di perguruan tinggi
Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Gunung Mas, Kalimantan Tengah Iceu Purnamasari mengimbau kepada setiap orang tua perlu bersikap bijaksana dengan membebaskan anak memilih jurusan di perguruan tinggi.

Orang tua hendaknya mendampingi anak dalam menentukan pilihan jurusan di perguruan tinggi, supaya pilihan jurusan sesuai dengan minat dan bakat anak, kata Iceu saat dihubungi dari Kuala Kurun, Kamis.

“Pendampingan bukan untuk mengarahkan anak agar memilih jurusan sesuai keinginan orang tua, tetapi agar anak berpikir secara matang dan dewasa dalam menentukan pilihan jurusan di perguruan tinggi,” ucapnya.

Disamping itu, legislator yang berasal dari daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun tersebut menyampaikan harapan kepada siswa SMA sederajat di kabupaten itu agar tetap semangat dalam mengejar cita-cita.

Baca juga: Pemohon beasiswa Pemkab Gumas diminta lengkapi persyaratan

Baca juga: Orang tua di Gumas diminta jadi motivator bagi anak


Di tengah kegelisahan karena pandemi COVID-19 yang saat ini terjadi, ia mengharapkan anak-anak di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau tetap melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Perempuan kelahiran Kuala Kurun ini berpesan kepada siswa SMA sederajat yang baru lulus agar memilih jurusan yang sesuai dengan keinginan mereka, bukan atas paksaan atau kemauan orang tua.

Sebelumnya, Pengawas SMA/SMK Dinas Pendidikan Kalteng untuk wilayah Kabupaten Gumas Serie mengatakan siswa SMA sederajat tahun pelajaran 2019/2020 di kabupaten itu dinyatakan lulus 100 persen.

Secara keseluruhan, sambung dia, siswa yang dinyatakan lulus di Kabupaten Gumas berjumlah 1.275 orang, dengan rincian siswa SMA sebanyak 1.074 orang dan siswa SMK sebanyak 201 orang.

Dia menyebut, mereka yang dinyatakan lulus tadi merupakan peserta didik yang berasal dari 14 SMA dan empat SMK di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau, baik negeri maupun swasta.

Dia juga menyampaikan harapannya kepada para siswa yang baru lulus agar terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Apalagi mengingat saat ini pemerintah banyak menawarkan beasiswa.

“Ada banyak beasiswa yan ditawarkan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten. Saya harap siswa yang baru lulus mau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,” demikian Iceu Purnamasari.

Baca juga: Pemerintahan desa relokasi di Gumas diharapkan mampu tingkatkan pelayanan

 

Pewarta :
Editor : Rachmat Hidayat
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar