KKP akui ada 11 penumpang positif COVID-19

id KKP akui ada 11 penumpang positif COVID-19,Anas Maruf,KKP Bandara Soekarno-Hatta

KKP akui ada 11 penumpang positif COVID-19

Petugas medis dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Soekarno Hatta melakukan pengecekan kesehatan calon penumpang sebelum melakukan penerbangan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (7/5/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/nz

Jakarta (ANTARA) - Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Internasional Soekarno-Hatta Anas Maruf membenarkan ada 11 penumpang yang dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona baru atau COVID-19.

“Ya benar, jadi setiap hari kita lakukan screening 600-1.000 penumpang, terutama untuk WNA atau ABK kapal asing, seperti cek suhu, wawancara juga tes cepat. Kemarin ditemukan eks anak ABK kapal pesiar Italia positif COVID-19 11 orang,” kata Anas kepada Antara di Jakarta, Jumat.

Anas menuturkan 11 eks ABK tersebut menaiki pesawat sewa maskapai asal Italia, Neos, dengan nomor penerbangan NO 370 yang tiba pada Kamis (7/5) malam.

Ia menambahkan 11 eks ABK yang diketahui positif COVID-19 tersebut telah dibawa ke Wisma Atlet untuk penanganan lebih lanjut.

Sebelumnya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta PT Angkasa Pura II dan KKP lebih antisipatif terhadap jadwal kedatangan penumpang di bandara sehingga selalu siap dalam menerapkan protokol kesehatan.

Hal ini disampaikan terkait dengan adanya kejadian penumpukan penumpang penerbangan internasional yang tiba hampir bersamaan di Terminal 3 Soekarno Hatta pada hari ini Kamis 7 Mei 2020 siang hingga sore hari.

Tercatat ada lebih dari 400 orang penumpang WNI yang sebagian besar adalah pekerja migran Indonesia yang tiba hampir bersamaan menggunakan empat maskapai yang berbeda.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar