Satu petugas kesehatan positif COVID-19, Puskesmas Panarung tutup sementara

id Puskesmas Panarung tutup sementara,Palangka Raya,Andjar Hari Purnomo,Satu petugas kesehatan Palangka Raya positif COVID-19

Satu petugas kesehatan positif COVID-19, Puskesmas Panarung tutup sementara

Puskesmas Panarung, Kota Palangka Raya (Foto Google Maps)

Palangka Raya (ANTARA) - Satu Puskesmas di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah harus di tutup sementara usai terjadi transmsi lokal COVID-19.

"Betul, Puskesmas Panarung ditutup sementara karena adanya transmisi lokal, maka dilakukan penutupan sementara pelayanan di Puskesmas Panarung sampai dengan 23 Mei 2020," kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya, Andjar Hari Purnomo, Sabtu.

Pria yang juga sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya itu menerangkan, untuk Puskesmas lain di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini tetap berjalan normal.

"Untuk Puskesmas lain tetap buka seperti biasa. Namun ada total sekitar dua puluh Orang tenaga kesehatan yang menjalani isolasi mandiri karena adanya paparan transmisi lokal COVID-19," kata Andjar.

Berdasar informasi transmisi lokal itu terjadi pada salah seorang tenaga kesehatan di Puskesmas Panarung dinyatakan positif COVID-19 usai mengikuti kegiatan keagamaan di Gowa, Sulawesi Selatan.

Kini tenaga kesehatan tersebut telah menjalani perawatan di RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya sedangkan pegawai kesehatan lain di puskesmas tersebut juga telah mengikuti tes swab dan menjalani isolasi.

Masyarakat yang akan berobat atau memeriksakan kesehatan di Puskesmas Panarung pun diimbau untuk sementara waktu berpindah di puskesmas lain hingga nantinya diputuskan pelayanan di puskesmas itu kembali dibuka.

Di sisi lain, saat ini Pemerintah Kota Palangka Raya melalui tim gugus tugas juga menggencarkan sosialisasi pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan dimulai Senin (11/5) mendatang.

Masyarakat juga diimbau menaati dan mematuhi anjuran dan peraturan pemerintah dalam upaya penanggulangan penyebaran virus dari Wuhan, China itu.

Selain itu warga di Kota Palangka Raya juga diminta menggunakan masker saat memenuhi kebutuhan pokok di luar rumah, selalu rajin mencuci tangan dan menjaga jarak fisik.

Jika mendapati gejala awal paparan COVID-19 segera memeriksakan kesehatan di pusat layanan kesehatan terdekat.