Diskon 10 persen PDAM bagi pelanggan di Barsel selama tiga bulan

id Pemkab barsel, barsel, barito selatan, buntok, pdam, perusahaan daerah air minum, diskon, bantuan

Diskon 10 persen PDAM bagi pelanggan di Barsel selama tiga bulan

Ketua Dewan Pengawas PDAM Tirta Barito, Edy Purwanto didampingi Direktur PDAM, Rona Cipta saat jumpa pers. (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah memberikan diskon 10 persen atau potongan pembayaran rekening Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) selama tiga bulan.

"Diskon tersebut diberikan kepada pelanggan sejak Mei, Juni dan Juli 2020," kata Ketua Dewan Pengawas PDAM Tirta Barito, Edy Purwanto didampingi Direktur PDAM, Rona Cipta di Buntok, Senin.

Ia mengatakan, keringanan pembayaran bagi pelanggan merupakan keputusan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan menyikapi dampak pandemi Corona Virus Disease 19 (COVID-19) dan bencana banjir yang dihadapi masyarakat saat ini.

Diskon 10 persen itu diberikan kepada semua pelanggan tanpa terkecuali, karena pelanggan PDAM Tirta Barito tidak memiliki kluster.

Selain diskon 10 persen, lanjut dia, khusus untuk rekening air April yang dibayar pada Mei 2020 dan rekening air Mei yang dibayar pada Juni, apabila pembayaran mengalami keterlambatan dari batas waktu yang ditentukan tidak dikenakan sanksi denda.

Ia menjelaskan, untuk rekening air pada Juni dilunasi paling lambat 22 Juni 2020 dan rekening air pada Juli paling lambat dilunasi 22 Agustus 2020. Khusus PDAM Pusat Buntok akan disediakan dua loket pembayaran mulai 11 Mei 2020.

"Pemberian diskon 10 persen tagihan PDAM dan pembebasan sanksi denda ini merupakan kebijakan Bupati Barito Selatan," ucapnya yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Barito Selatan itu.

Pihaknya sebagai dewan pengawas, hanya menjalankan dan menyampaikan informasi ini kepada masyarakat. Untuk pengumuman terkait hal ini, nantinya akan dibuat surat secara resmi dan disampaikan kepada semua kecamatan dan desa di Barito Selatan yang memiliki jaringan PDAM Tirta Barito.