Distribusi logistik Kobar melalui jalur laut tetap lancar

id Distribusi logistik Kobar melalui jalur laut tetap lancar, Kotawaringin barat, wakil bupati kobar, ahmadi riansyah

Distribusi logistik Kobar melalui jalur laut tetap lancar

Wakil Bupati Kotawaringin Barat Ahmadi Riansyah menyusuri Teluk Kumai mengunakan speed boat milik TNI AL di wilayah setempat, Senin (11/3/2020) sore. ANTARA/Istimewa

Pangkalan Bun (ANTARA) - Wakil Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah Ahmadi Riansyah menyebutkan di masa pandemi COVID-19 yang tengah melanda Indonesia saat ini, arus lalu lintas jalur laut di wilayahnya tetap lancar, terutama pengiriman logistik komoditas kebutuhan pokok dan barang strategis lainnya.

"Secara umum aktivitas di pelabuhan tidak jauh berbeda seperti hari-hari normal biasa tanpa COVID-19," ucap Ahmadi usai menyusuri Teluk Kumai menggunakan speed boat milik TNI AL, Senin Sore.

Dikatakan, pengiriman bahan baku yang berasal dari Pulau Jawa, seperti bahan bangunan, sembilan bahan pokok serta barang strategis lainnya tetap lancar seperti biasanya. Kondisi ini sangat bagus dalam menjaga ketersediaan kebutuhan pokok maupun barang lainnya.

Di beberapa titik Teluk Kumai tampak kapal-kapal tambat dan bersandar seperti biasa. Begitu juga aktivitas industri seperti arus lalu lintas pengiriman kayu lapis dan CPO tetap berjalan normal seperti hari biasa.

Menurutnya, sebagian besar perekonomian Kotawaringin Barat ditopang oleh sektor perkebunan dan sebagian kehutanan. Kedua sektor perkebunan tersebut menyumbang kurang lebih 28 persen terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kotawaringin Barat.

"Jadi kalau sektor ini ikut terganggu maka sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Kotawaringin Barat," jelasnya.

Ia bersyukur, bahwa produk domestik Kotawaringin Barat yang menjadi unggulan di sektor perkebunan tidak ikut terganggu dengan pandemi COVID-19. Dampaknya, aktivitas ekonomi skala makro masih berjalan dengan baik.

"Semoga sektor ini terus bisa berjalan dengan baik, sehingga perputaran ekonomi di Kotawaringin Barat tetap berjalan lancar meski tengah dilanda wabah COVID-19," harapnya.

Ahmadi juga berharap pandemi COVID-19 ini segera berakhir agar aktivitas masyarakat bisa kembali normal. Dia mengajak masyarakat menjalankan anjuran pemerintah untuk melindungi diri dan keluarga serta mencegah penularan COVID-19.

Masyarakat diimbau tetap di rumah, menggunakan masker jika terpaksa beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak, tidak melakukan kontak fisik, sering mencuci tangan, menjaga asupan gizi, serta beristirahat dan berolahraga secara teratur.

Baca juga: Polres Kobar sita 2.340 kilogram beras oplosan siap edar

Baca juga: Ini alasan Pemkab Kobar belum usulkan PSBB

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar