Ferry Khaidir : Tetap waspada meski tren pasien sembuh COVID-19 terus membaik

id Dprd kalteng, kalteng, kalimantan tengah, legislator, ferry khaidir, wakil rakyat, covid 19, virus corona

Ferry Khaidir : Tetap waspada meski tren pasien sembuh COVID-19 terus membaik

Anggota DPRD Kalteng Ferry Khaidir (tengah) saat meninjau posko yang berada di wilayah Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotawaringin Timur baru-baru ini. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Dalam beberapa waktu terakhir, berdasarkan perkembangan data yang disampaikan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Kalimantan Tengah, jumlah pasien sembuh terus bertambah.

"Tentu perkembangan tersebut merupakan kabar baik untuk kita semua, namun karenanya bukan berarti menjadi alasan mengabaikan protokol COVID-19," tegas Anggota DPRD Kalteng Ferry Khaidir saat dihubungi dari Palangka Raya, Senin.

Kabar baik yang diterima terkait COVID-19 harusnya menjadi penyemangat bagi semua pihak, untuk tetap waspada dan tidak lalai menerapkan protokol COVID-19 Kalteng.

Menurutnya, apabila masyarakat tidak disiplin menerapkan protokol COVID-19, mulai dari pembatasan sosial, menghindari kontak fisik, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, hingga memperbanyak di rumah maupun menggunakan masker, maka upaya memutus penyebaran virus tersebut akan semakin lambat.

"Seperti yang seringkali ditegaskan pemerintah, termasuk para tenaga medis dalam berbagai kesempatan. Upaya memutus penyebaran virus ini memerlukan partisipasi dan kedisiplinan semua pihak," ucapnya.

Hal lainnya yang juga ia soroti, yakni menjelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat di seluruh wilayah Kalteng agar tetap ingat dan selalu menerapkan protokol COVID-19 saat mencari barang kebutuhan di pasar maupun pusat perbelanjaan lainnya.

Ferry mengatakan, sudah menjadi kebiasaan dalam setiap tahunnya, jika pasar atau pusat perbelanjaan lainnya akan dipadati masyarakat yang hendak berbelanja terkait keperluan hari raya.

"Jangan sampai saat pergi ke pasar, masyarakat mengabaikan protokol COVID-19 dengan tidak menjaga jarak ataupun berkerumun. Perlu kehati-hatian dari kita semua agar pandemi ini bisa segera diakhiri," ungkapnya.

Berdasarkan data yang dirilis Tim Gugus Tugas COVID-19 Kalteng pada Minggu (17/5) kemarin, secara kumulatif, positif COVID-19 Kalteng sebanyak 227 kasus, terdiri dari 118 dalam perawatan, 98 sembuh dan 11 meninggal. Pasien dengan pengawasan (PDP) 69 orang, orang dalam pemantauan (ODP) 217 orang, serta orang tanpa gejala (OTG) 1.392 orang.