Petani Barito Utara sumbang 3,6 ton beras hasil panen

id bupati barut nadalsyah,petani sumbang beras,untuk warga terdampak covid-19

Petani  Barito Utara sumbang 3,6 ton beras hasil panen

Bupati Barito Utara H Nadalsyah didampingi Kepala Dinas Pertanian Setia Budi menerima beras sumbangan dari petani untuk di salurkan kepada warga kurang mampu dan terdampak COVID-19 di halaman rumah jabatan bupati setempat di Muara Teweh, Senin (18/5/2020).ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah Nadalsyah mengajak para pengusaha, pedagang dan perusahaan di wilayah  kabupaten setempat agar bisa berbagi membantu warga kurang mampu yang terdampak COVID-19.

"Kita telah menyerahkan bantuan beras kepada lima orang perwakilan warga masyarakat yang terdampak COVID-19. Bantuan beras ini merupakan sumbangan dari para petani kita yang ada di daerah ini sebanyak 3,6 ton," kata Bupati Barito Utara H Nadalsyah di Muara Teweh, Senin.

Menurut dia, beras bantuan petani ini merupakan hasil panen mereka tersebar di sejumlah sentra padi sawah  dan padi ladang atau padi gunung di daerah ini diberikan kepada  masyarakat yang tidak mampu dan terdampak COVID-19.

"Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara mengucapkan terima kasih kepada para petani dengan kepeduliannya terhadap warga yang terdampak COVID-19 ini. Dimana mereka menyumbangkan hasil panen padi kepada warga yang terdampak," katanya. bupati yang akrab disapa H Koyem ini.

Nadalsyah juga berharap kepada para pengusaha, pedagang maupun perusahaan yang ada di daerah agar bisa membantu warga masyarakat yang terdampak COVD-19 ini. 

"Para petani sudah menyumbang seperti itu, kapan lagi para pengusaha, pedangan dan perusahaan yang merasa mampu agar bisa berpartisipasi membantu pemerintah untuk mengatasi masyarakat kita yang terkena dampak COVID-19 ini," kata dia yang akrab dipanggil H Koyem ini.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Barito Utara  Setia Budi mengatakan bantuan beras dari petani ini merupakan kumpulan dari petani kita yang kebetulan hasil panen di Oktober - Maret  2019/2020 ini. Di Barito Utara panen padi Okmar ini sangat bagus hasilnya.

"Beras ini terkumpul sebanyak 3,6 ton. Sumbangan para petani ini nantinya bisa bertambah, karena masih ada petani di beberapa tempat yang saat ini dalam proses panen," kata Setia Budi.

Untuk jenis beras, kata dia ada dua macam terdiri dari padi sawah dan padi ladang. Cuma semuanya dalam bentuk talun. Padi gunung di Barito Utara ada empat jenis talun yang sudah disertifikasi secara nasional yang dilakukan oleh BPPT.

“Beras ini nanti akan kita salurkan kepada warga yang terdampak COVID-19. Datanya nanti kita minta di Kelurahan ataupun ke pihak desa. Yang pasti kita akan menyasar pinggiran kota Muara Teweh," kata Budi.

Salah satu warga penerima bantuan beras dari petani Acil Endut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Dinas Pertanian dan para petani yang ada di daerah ini atas bantuan beras hasil panen para petani. 

“Diharapkan COVID-19 ini cepat berlalu, agar warga masyarakat yang berpenghasilan rendah bisa bekerja lagi seperti biasa,” kata Acil Endut. 

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar