Silaturahmi virtual warga Kota Palangka Raya

id Palangka Raya,Silaturahmi virtual,warga Palangka Raya,Silaturahmi virtual warga Kota Palangka Raya

Silaturahmi virtual warga Kota Palangka Raya

Warga Palangka Raya bersilaturahmi dengan keluarga menggunakan video call dalam merayakan Idul Fitri, 2020. (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Sejumlah warga di Kota Palangka Raya melakukan silaturahmi virtual mencegah penyebaran COVID-19 di tengah perayaan Idul Fitri 2020.

"Karena tidak bisa mudik karena COVID-19, saya bersama keluarga di kampung dan yang ada di daerah lain bersilaturahmi menggunakan aplikasi vidoe call," kata Mardiatin di Palangka Raya, Minggu.

Dia mengaku, perubahan kondisi tersebut membuatnya cukup sedih karena tidak bisa berkumpul dengan keluarga besar di kampung halaman seperti lebaran di tahun-tahun sebelumnya.

"Namun karena memang kondisi seperti ini kita tidak bisa apa-apa. Kita berusaha mensyukuri keadaan karena masih ada orang lain yang kondisinya lebih tidak beruntung dari kami," katanya.

Dika warga lainnya yang juga tidak dapat mudik karena pandemi juga memanfaatkan perkembangan teknologi untuk bersilaturahmi dengan keluarganya yang berada di pulau Jawa.

"Syukur saja keluarga di Jawa memahami kondisi saat ini sehingga saya tidak bisa pulang kampung. Tapi Alhamdulillah kami tetap bisa bersilaturahmi dengan keluarga di kampung menggunakan video call whatsapp," kata ayah satu anak ini.

Di sisi lain, untuk lingkungan tempat tinggal dia mengaku tetap bersilaturahmi dengan para tetangga secara langsung.

"Dengan tetangga dekat kami tetap datang namun tetap bermasker, tidak bersamalam dan menetapkan jarak fisik. Kami juga hanya tidak lama berada di tempat tetangga," katanya.

Di sisi lain, Kasubbag Dokumentasi, Bagian Protokol dan Komunikasi, Pemkot Palangka Raya, Baikoni menerangkan Wali Kota Palangka Raya dan Wakil Wali Kota tidak melaksanakan "open house" untuk umum seperti pada pelaksanaan Lebaran di tahun-tahun sebelumnya.

"Karena kondisi pandemi COVID-19 ini maka pemerintah kota tidak menggelar 'open house' ataupun safari Idul Fitri keliling," kata pria yang akrab di sapa Koni itu.

Pantauan di lapangan, sejumlah warga "Kota Cantik" di hari pertama Lebaran 2020 masih melaksanakan silaturahmi dengan saling mengunjungi.

Namun warga di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah tampak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar