Hotel-hotel di daerah ini didorong mulai buka pada 15 Juni

id Hotel di NTT,Hotel-hotel di daerah ini didorong mulai dibuka pada 15 Juni,hotel,Provinsi Nusa Tenggara Timur

Hotel-hotel di daerah ini didorong mulai buka pada 15 Juni

Penampakan hotel Inaya Bay Komodo yang dibangun di kawasan terpadu PT. ASDP Indonesia Ferry, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT Minggu (19/1/2020). ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

Kupang (ANTARA) - Pemerintah Nusa Tenggara Timur mendorong pelaku usaha jasa perhotelan agar membuka usahanya setelah moda transportasi laut dan udara beroperasi secara normal pada 15 Juni 2020.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Nusa Tenggara Timur, Marius Ardu Jelamu kepada wartawan di Kupang, Kamis, mengatakan hal itu terkait adanya kebijakan Pemerintah NTT untuk mulai membuka semua akses transportasi dan berbagai objek wisata unggulan di NTT mulai 15 Juni 2020.

Ia mengatakan, sejak NTT diterpa pandemi COVID-19 mengakibatkan banyak usaha jasa perhotelan ditutup di provinsi berbasis kepulauan ini karena ketiadaan tamu menginap.

"Dampak pandemi COVID-19 terhadap pembangunan sektor pariwisata sangat besar banyak hotel ditutup," katanya.

Dengan dibukannya akses transportasi laut dan udara serta pada 15 Juni maka hotel-hotel yang sempat ditutup karena pandemi COVID-19 sudah dapat beroperasi kembali, sehingga pembangunan ekonomi masyarakat NTT kembali bertumbuh.

"Apalagi semua obyek wisata di NTT mulai dibuka kembali pada 15 Juni sehingga tentu hotel-hotel harus bisa mengantisipasi adanya tamu yang datang berkunjung," kata Marius.

Ia mengatakan, hotel-hotel yang akan beroperasi kembali wajib menerapkan protokol kesehatan seperti wajib penggunaan masker bagi semua tamu serta menjaga jarak dan menghindari adanya kerumunan guna mencegah penyebaran COVID-19.

Pemerintah NTT, demikian Marius, berharap semua pekerja yang sebelumnya diberhentikan untuk dipekerjakan kembali sebagai karyawan hotel seperti sebelum pandemi COVID-19.