Barito Utara siap lakukan pencegahan karhutla

id bupati barito utara nadalsyah,karhutla barito utara,antisipasi karhutla,gubernur kalten sugianto sabran

Barito Utara siap lakukan pencegahan karhutla

Bupati Barito Utara H Nadalsyah mengikuti konferensi video bersama Gubernur Kalteng Sugianto Sabran kesiapasiagaan dalam menghadapi karhutla di wilayah provinsi setempat di Muara Teweh, Kamis (4/6/2020).ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barito Utara.

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupate Barito Utara, Kalimantan Tengah menyatakan siap mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerah setempat dalam musim kemarau nanti.

"Kami Pemerintah Kabupaten Barito Utara sangat siap dalam upaya pencegahan Karhutla di daerah ini dan memberikan apresiasi kepada pemprov dalam koordinasi kepada seluruh kepala daerah lingkup Provinsi Kalteng," kata Bupati Barito Utara H Nadalsyah di Muara Teweh, Kamis. 

Kesiapsiagaan dalam menghadapi karhutla itu disampaikan Bupati Nadalsyah di ruang rapat Setda Barto Utara  pada konferensi video   dengan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran  dalam menghadapi karhutla diseluruh wilayah Kalteng.

Menurut Nadalsyah, pihaknya telah siap dalam mengantisipasi karhutla yang dimana pada masa kemarau nantinya merupakan masa rawan terjadinya karhutla. 
 
Bupati Barito Utara H Nadalsyah bersama pejabat lainnya mengikuti konferensi video bersama Gubernur Kalteng Sugianto Sabran kesiapasiagaan dalam menghadapi karhutla di wilayah provinsi setempat di Muara Teweh, Kamis (4/6/2020).ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barito Utara.

Selain itu, kata dia, dari pemantauan dari Januari sampai dengan Mei 2020 melalui aplikasi Lapan dari 57 titik panas (hotspot) api yang berada di Barito Utara hanya 16 titik yang merupakan titik api dan 41 titik yang terpantau hanya bias panas saja. 

"Pemerintah telah membentuk Masyarakat Peduli Api (MPA)  di delapan kecamatan di wilayah Barito Utara serta menyiapkan berbagai macam peralatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang telah dipersiapkan oleh BPBD berjumlah 103 orang yang nantinya selalu siap dalam penanganan bencana terutama karhutla," katanya.

Upaya kesiapsiagaan Pemerintah Kabupaten Barito Utara mendapat dukungan dari bebagai pihak terkait yaitu Kodim 1013 Muara Teweh, Polres Barito Utara  dan seluruh pihak yang terkait serta dari masyarakat di daerah ini. 

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dalam konferensi video itu menyampaikan agar seluruh kepala daerah di wilayah provinsi ini beserta jajaran yang terkait untuk bersama-sama saling bahu-membahu untuk berkoordinasi dalam pencegahan karhutla di wilayah kalteng.

Karena menurut pantauan BMKG provinsi setempat bahwa wilayah Kalteng akan memasuki musim kemarau yang diawali dari Kabupaten Barito Selatan yakni di Kecamatan Dusun Hilir Bagian Selatan dan Kecamatan Janamas pada pertengahan  Mei 2020 dan seluruh wilayah provinsi pada akhir Juli 2020.

"Mari kita bersama-sama saling berkoordinasi untuk mencegah karhutla di wilayah Kalteng ini agar tidak ada lagi kasus kebakaran hutan di wilayah provinsi ini, apa lagi disituasi pandemi seperti saat ini," ujar Sugianto.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar