Polresta Palangka Raya siapkan strategi antisipasi karhutla

id Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah,Palangka Raya,Kalteng,Kalimantan tengah,Kapolres Palangka Raya, Kombes Dwi Tunggal Jaladri

Polresta Palangka Raya siapkan strategi antisipasi karhutla

Kapolresta Palangka Raya, Kombes Dwi Tunggal Jaladri. (ANTARA/Adi Wibowo)

Palangka Raya (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, telah mempersiapkan berbagai upaya dalam mengantisipasi agar kebakaran hutan dan lahan di wilayah setempat untuk tahun ini dapat diantisipasi.

Langkah yang dipersiapkan dengan menggerakkan ratusan personelnya serta berinovasi dengan memanfaatkan sepeda motor menjadi mesin pemadam karhutla, kata Kapolresta Palangka Raya Kombes Dwi Tunggal Jaladri, Kamis.

"Inovasi tersebut bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya karhutla di sejumlah wilayah Kota Palangka Raya apabila terjadi pada tahun ini," kata Jaladri.

Dikatakan, sepeda motor pemadam kebakaran sederhana dari inovasi personel Polresta setempat, nantinya disiapkan di setiap kelurahan yang ada di kota Palangka Raya. Apabila nantinya terjadi kaehutla, maka Bhabinkamtibmas di setiap kelurahan yang wilayahnya terjadi karhutla segera meluncur untuk memadamkan.

Jaladri mengtakan sepeda motor menjadi mesin pemadam karhutla yang sudah dibuat oleh anggota kami, semoga bisa bermanfaat apabila bencana tersebut tahun ini terjadi. Namun harapan kami bencana alam karhutla tidak terjadi tahun ini," beber Jaladri.

"Berkaca pada pengalaman tahun lalu titik 'hot spot' wilayah hukum polresta setempat cukup tinggi. Itulah kenapa kami sudah mempersiapkan berbagai strategi," ucapnya.

Baca juga: Pedagang dan pengunjung pasar diimbau patuhi protokol pencegahan COVID-19

Sebelum memasuki musim kemarau dan bencana alam karhutla melanda ibu kota provinsi setempat kepolisian sudah memetakan dan berinovasi dengan cara mereka guna membantu pemerintah setempat.

"Salah satunya melakukan upaya pencegahan berbagai cara agar bencana alam karhutla tidak terjadi di daerah kita," ungkapnya.

Jebolan Akpol 1995 itu menambahkan, kendala petugas dalam melakukan pencegahan di lokasi kebakaran yang sulit dijangkau yaitu mencari sumber air, akses jalan kecil dan lain sebagainya.

Namun adanya hambatan di lapangan, dengan sepeda motor pemadam karhutla tentunya bisa mengatasi hal-hal tersebut di lapangan.

"Sepeda motor pemadam karhutla sudah dilakukan uji coba. Kemudian mengenai semprotan airnya juga cukup kuat dan tekanannya juga bisa mematikan kobaran api," demikian Jaladri yang juga mantan Kepala Bidang Hukum Polda Kalteng tersebut.

Baca juga: 50 warga Palangka Raya masuk klaster Pasar Besar kasus positif COVID-19


Baca juga: Wali Kota: Jangan bosan dampingi anak saat belajar di rumah

Baca juga: Tim Gugus telusuri kontak satu keluarga positif COVID-19 di Palangka Raya

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar