50.042 penduduk Palangka Raya terdaftar dalam sensus penduduk daring

id bps palangka raya,sensus penduduk daring,citra nugroho,50.042 penduduk Palangka Raya terdaftar dalam sensus penduduk daring

50.042 penduduk Palangka Raya terdaftar dalam sensus penduduk daring

Kepala Seksi Statistik Sosial, BPS Palangka Raya, Citra Nugroho. ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Sebanyak 50.042 penduduk di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah telah terdaftar mengikuti sensus penduduk 2020 yang dilaksanakan secara daring.

"Terima kasih kepada 12.744 keluarga dengan 50.042 jiwa yang telah berpartisipasi pada sensus penduduk yang dilaksanakan daring pada 15 Februari hingga 29 Mei 2020," kata Kepala Seksi Statistik Sosial, BPS Palangka Raya, Citra Nugroho di Palangka Raya, Selasa.

Dia mengatakan, data yang telah terkumpul tersebut selanjutnya akan dilakukan verifikasi atau ditelusuri untuk mencegah ketidak wajaran data penduduk yang telah diisikan masyarakat selama sensus daring.

Dia mencontohkan, ketidakwajaran data itu seperti terjadi di salah satu wilayah di luar Kalimantan yang mana terdapat dua masyarakat mengisi data pekerjaan sebagai gubernur.

Baca juga: DPRD PalangkaRaya minta pemkot evaluasi pengawasan Pasar Besar

"Menghindari data yang tidak wajar ini lah, maka kami lakukan 'tracking'. Apakah seluruh data wajar atau tidak wajar. Jika tidak wajar nanti akan kita muat pada sensus penduduk yang dilaksanakan BPS pada September mendatang," kata Citra.

Pihaknya pun mengapresiasi masyarakat di "Kota Cantik" yang telah mengisi data kependudukan secara daring yang merupakan program sensus daring pertama kali dilaksanakan Badan Pusat Statistik.

"Usai pelaksanaan sensus penduduk daring ini, nanti pada September 2020 akan dilakukan sensus penduduk oleh petugas BPS. Untuk teknisnya akan diumumkan nanti mengingat saat ini kita tengah menghadapi pandemi COVID-19," katanya.

Sensus Penduduk dilaksanakan sebagai upaya untuk mendapat basis data tunggal kependudukan terintegrasi yang dijadikan sebagai dasar perumusan dan pembuatan kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan.

Baca juga: COVID-19 masih berlangsung, Masyarakat diharapkan tak bakar lahan

Baca juga: 59 pasien sembuh dari COVID-19 di Palangka Raya

Baca juga: Satu pasien COVID-19 asal Pulang Pisau meninggal di Palangka Raya