Bupati Barut minta kepala sekolah proaktif menyikapi tugas

id bupati barut lantik kepala sekolah,tk sd dan smp,nadalsyah

Bupati Barut minta kepala sekolah proaktif menyikapi tugas

Bupati Barito Utara H Nadalsyah melantik 53 kepala sekolah di Arena Terbuka Tiara Batara Muara Teweh, Senin (22/6/2020).ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, H Nadalsyah melantik dan mengambil sumpah janji jabatan 53 kepala sekolah (Kepsek) Taman Kanak-Kanan (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di lingkup pemerintah kabupaten setempat dengan protokol kesehatan. 

“Pelantikan kepala sekolah pada hari ini merupakan suatu momen penting yang dapat dimaknai sebagai suatu upaya untuk memantapkan kualitas pendidikan di Kabupaten Barito Utara," kata Bupati Nadalsyah usai melantik kepala sekolah di Arena Terbuka Tiara Batara Muara Teweh, Senin.

Selain itu juga, kata dia, sebagai penyegaran suasana kerja dan pemberdayaan kepala sekolah agar lebih proaktif lagi dalam menyikapi lima tugas dan beban kerja yang diemban bagi pencapaian tujuan optimal organisasi.

"Guru dapat diberikan tugas sebagai kepala sekolah untuk memimpin dan mengelola sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Hal ini tertuang dalam Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah," katanya.
 
Bupati Barito Utara H Nadalsyah melantik 53 kepala sekolah di Arena Terbuka Tiara Batara Muara Teweh, Senin (22/6/2020).ANTARA/HO

Menurut dia, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017, beban kerja kepala sekolah sepenuhnya untuk melaksanakan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan.

"Kepala sekolah lagi tidak dibebani tugas pembelajaran walaupun dalam keadaan tertentu dapat melaksanakan tugas pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan guru pada sekolah dalam rangka mengelola sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan di unitnya masing-masing," kata dia.

Nadalsyah mengatakan, pendidikan menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Barito Utara yang tertuang dalam RPJMD 2018-2023. 

"Indikator keberhasilan pendidikan yang ingin kita capai sampai 2023 nanti adalah angka partisipasi kasar (APK) jenjang SD sebesar 91 persen dan jenjang SMP sebesar 89 persen," kata dia.

Target rata-rata lama sekolah (RLS) sembilan tahun dan angka melek huruf sebesar 98 persen. 

“Target tingginya indikator pendidikan ini menjadi tugas kita bersama terutama seluruh jajaran Dinas Pendidikan termasuk juga para kepala sekolah untuk merealisasikannya,” ujar Nadalsyah.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar