Masyarakat Tionghoa gelar Festival Bacang 2020

id Pontianak,Festival Bacang 2020,Masyarakat Tionghoa gelar Festival Bacang 2020

Masyarakat Tionghoa gelar Festival Bacang 2020

Warga keturunan Tionghoa penganut agama Budha melaksanakan ibadah dengan menggunakan masker pelindung di wajahnya di Vihara Thay Hin Bio, Bandar Lampung, Lampung, Sabtu (6/6/2020). ANTARA FOTO/Ardiansyah/wsj.

Pontianak (ANTARA) - Festival Bacang 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan akan digelar di Singkawang Cultural Center (SCC), Jalan Yos Soedarso, Kelurahan Kuala, Kecamatan Singkawang Barat, kata Sekretaris Panitia Festival Bacang 2020, Trifina.

"Dalam festival ini, kami sudah menyiapkan menyiapkan 40.000 bacang. Kegiatan ini mengusung tema kemanusian yakni berbagi kasih," kata Trifina di Singkawang, Kamis.

Bacang atau bakcang adalah makanan khas orang Tionghoa berbentuk segitiga terdiri dari beras atau ketan, daging ayam atau sapi sebagai isian. 

Dia mengatakan, melalui Festival Bacang 2020, bisa menjadi wadah untuk memperkenalkan sekaligus melestarikan budaya Tionghoa kepada generasi muda.

"Kami ingin melalui Festival Bacang ini para generasi muda tetap mengenal dan melestarikan budaya ini," ujarnya.

Dalam menyambut kegiatan ini, pihaknya sudah melakukan anjang sana berbagi kasih dengan membagikan bacang.

"Mulai bersilaturahmi dengan Forkopimda, berbagi kasih ke sesama ke rumah sakit, puskesmas, panti asuhan, panti jompo dan juga akan berbagi kepada sesama yang kurang mampu," ujarnya.

Kegiatan ini, katanya, didukung penuh Pemkot Singkawang dan gabungan organisasi yang ikut mensukseskan Festival Bacang 2020 yang baru pertama kalinya digelar di Kota Singkawang.

Sementara Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, lanjutnya, bertindak sebagai dewan pelindung dalam acara tersebut.

Pada puncaknya nanti, akan digelar berbagai atraksi seni budaya mulai dari permainan alat musik tradisional hingga tarian barongsai dan acara menarik lainnya.

"Tentunya para undangan dan donatur yang hadir tetap menjaga jarak dan mengikuti protokol kesehatan. Apalagi ditempat kegiatan ini, kami sudah menyiapkan fasilitas cuci tangan sesuai protokol kesehatan," jelasnya.

"Dalam acara puncaknya nanti akan dilakukan pembagian bacang kepada masyarakat umum sebanyak 20.000 bacang," katanya.

"Namun pembagiannya akan dilakukan secara door to door sehingga tidak ada kerumunan warga," jelasnya.