Gubernur Kalteng bersama Forkopimda cek kesiapan sarpras karhutla

id Pemprov kalteng, kalteng, polda kalteng, gubernur sugianto sabran, palangka raya, karhutla, kebakaran hutan dan lahan

Gubernur Kalteng bersama Forkopimda cek kesiapan sarpras karhutla

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran bersama Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo (ketiga kiri) mengecek sarpras penanganan karhutla yang ada di Mapaolda setempat, Sabtu, (4/7/2020). (ANTARA/Adi Wibowo)

Palangka Raya (ANTARA) - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kalimantan Tengah menggelar apel siaga kebakaran hutan dan lahan (karhutla), sekaligus melihat sarana dan prasarana penanganan karhutla di halaman Mapolda setempat.

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, Sabtu mengatakan, perlu diketahui bahwa di wilayah setempat memiliki kerawanan terjadinya bencana yakni karhutla.

"Maka dari itu karhutla di wilayah kita sudah menjadi agenda kalender kamtibmas tahunan. Dampak dari karhutla tidak hanya dirasakan masyarakat saja bahkan sampai ke negara tetangga," katanya.

Antisipasi karhutla terus digalakkan, sebab apabila kabut asap akibat karhutla kembali terjadi tentunya akan mengganggu kesehatan masyarakat.

Selain itu, dampak dari karhutla juga bisa menimbulkan kerugian ekonomi khususnya kepada pemilik lahan maupun perkebunan yang arealnya dilanda bencana tersebut.

"Perlu langkah-langkah pencegahan secara nyata dalam bentuk kesiapan Satgas Karhutla, guna menyiagakan personel dan sarana prasarana yang digunakan mengatasi bencana karhutla di Kalteng," jelasnya.

Melalui apel kesiapan ini diharapkan adanya kekuatan personel berikut kelengkapan sarana prasarana pendukung dalam penanggulangan karhutla, sehingga siap diterjunkan ke lapangan ketika musibah tersebut benar-benar terjadi.

"Namun dengan demikian kita semua wajib memanjatkan doa kepada Tuhan yang Maha Esa, agar karhutla tidak terjadi. Hanya saja kita juga meyadari bahwa bencana itu bisa saja terjadi sehingga harus selalu waspada," tegasnya.

Setelah menggelar apel siaga karhutla, Gubernur, Kapolda, Komandan Korem 102 Panju Panjung, Kepala Badan Intelijen Daerah (KABINDA) didampingi pimpinan kepala satuan organisasi perangkat daerah, melakukan pengecekan personel dan sarana prasarana penanggulangan karhutla.

Sebelum membubarkan apel tersebut, Sugianto Sabran bersama Forkopimda lainnya juga berkesempatan mengetes secara langsung sarpras yang sudah tersedia di halaman Mapolda Kalteng.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar