Liverpool dekati rekor laga kandang setelah bungkam Villa

id liverpool,aston villa,liga inggris

Liverpool dekati rekor laga kandang setelah bungkam Villa

Pemain Liverpool Naby Keita (kanan) berebut bola dengan pemain Aston Villa Anwar El Ghazi saat laga Liga Inggris yang digelar tanpa kehadiran penonton di Anfield, Liverpool, Inggris, 5 Juli 2020. ANTARA FOTO/Paul Ellis/Pool via REUTERS/aww.

Jakarta (ANTARA) - Liverpool mendekati rekor sapu bersih laga kandang Liga Inggris 2019/20 setelah membungkam tamunya Aston Villa dengan skor 2-0 dalam pertandingan pekan ke-33 di Stadion Anfield, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Gol Sadio Mane dan Curtis Jones menyokong kemenangan kandang ke-17 Liverpool musim ini, yang membuat mereka hanya berjarak satu kemenangan lagi dari rekor kemenangan kandang Liga Inggris.

Kemenangan tersebut sekaligus membuat Liverpool kian mendekati rekor total poin semusim, mengingat sang juara kini sudah punya koleksi 89 poin dari 33 pertandingan.

Sedangkan Villa (27) yang berada di urutan ke-18 gagal memanfaatkan peluang untuk mengentaskan diri dari zona degradasi, masih tertinggal satu poin di belakang Watford (28), demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Liverpool tak tampak seperti tim juara ketika jika menilik penampilan mereka sepanjang babak pertama yang hanya diwarnai satu tembakan tepat sasaran dari sudut sempit oleh Mohamed Salah.

Sebaliknya, Villa terlihat seperti tim yang memang siap berjibaku untuk mengamankan nasib mereka dari ancaman degradasi dan memperoleh satu peluang bagus dari tendangan voli Douglas Luiz yang sayangnya meski keras tapi masih mengarah tepat ke kiper Alisson Becker.

Sisanya babak pertama tak banyak diwarnai peluang jika tak mau disebut membosankan dan berakhir imbang nirgol.

Memasuki babak kedua, Villa justru lebih banyak memperoleh peluang tetapi tembakan Anwar El Ghazi masih bisa ditepis oleh Alisson.

Guna mengubah keadaan, Juergen Klopp melakukan tiga pergantian pemain langsung memasukkan Jordan Henderson, Roberto Firmino dan Georginio Wijnaldum, masing-masing menggantikan Fabinho, Divock Origi dan Alex Oxlade-Chamberlain.

Secara umum pertandingan tak banyak berubah, Liverpool menguasai bola dan kesulitan menembus pertahanan rapat Villa.

Hingga akhirnya pada menit ke-71 kebuntuan terpecahkan ketika Naby Keita berdiri cukup bebas untuk melepas umpan tarik yang bisa disambut tembakan sentuhan pertama Mane yang bolanya sempat membentur bagian bawah mistar sebelum memantul ke dalam gawang.

Gol itu melecut semangat para pemain Liverpool dan lima menit berselang Firmino hampir mencetak gol perdananya di Anfield musim ini jika saja kiper Pepe Reina tak melakukan penyelamatan gemilang.

Semenit jelang bubaran waktu normal Liverpool menggandakan keunggulan mereka lewat aksi Jones, yang baru empat menit merumput menggantikan Keita, menyelesaikan umpan sundulan Salah.

Gol itu tak ubahnya jadi hadiah perayaan bagi gelandang berusia 19 tahun itu yang baru saja menandatangani perpanjangan kontrak lima tahun di Liverpool sehari sebelumnya.

Villa berusaha mencuri gol balasan, tembakan Jack Grealish bisa dimentahkan oleh Alisson dan skor 2-0 bagi juara Liga Inggris itu bertahan hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Sang juara akan melakoni laga pekan ke-34 mereka dengan bertandang ke markas Brighton & Hove Albion pada Rabu (8/7) waktu setempat, sedangkan Villa baru main sehari berselang menjamu Manchester United di Villa Park.



Susunan pemain:

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson (Neco Williams); Alex Oxlade-Chamberlain (Georginio Wijnaldum), Fabinho (Jordan Henderson), Naby Keita (Curtis Jones); Mohamed Salah, Divock Origi (Roberto Firmino), Sadio Mane
Pelatih: Juergen Klopp

Aston Villa (4-3-3): Pepe Reina; Ezri Konsa, Kortney Hause, Tyrone Mings, Neil Taylor; John McGinn, Douglas Luiz, Jack Grealish; Anwar El Ghazi (Jota), Keinan Davis (Mbwana Samatta), Trezeguet (Indiana Vassilev)
Pelatih: Dean Smith