Napoli tundukkan Roma untuk samai koleksi poin sang lawan

id napoli,liga italia,as roma

Napoli tundukkan Roma untuk samai koleksi poin sang lawan

Penyerang Napoli Lorenzo Insigne melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Juventus dalam laga lanjutan Liga Italia di Stadion San Paolo, Napoli, Italia, Minggu (26/1/2020). (ANTARA/AFP/Alberto Pizzoli)

Jakarta (ANTARA) - Napoli menundukkan tamunya AS Roma dengan skor 2-1 untuk menyamai koleksi poin sang lawan di klasemen Liga Italia, dalam pertandingan pekan ke-30 tanpa penonton karena pandemi COVID-19 di Stadion San Paolo, Napoli, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Jose Callejon lebih dulu membawa tuan rumah pada menit ke-55 sebelum diimbangi Henrikh Mkhitaryan untuk Roma pada menit ke-60, lantas Lorenzo Insigne memastikan Napoli mengamankan tiga poin melalui golnya pada menit ke-82.

Tambahan tiga poin membawa Partenopei mengoleksi 48 poin, jumlah koleksi poin yang sama dengan Roma yang berada di peringkat kelima, menamankan kembali posisi keenam setelah sempat digusur AC Milan (46) sehari sebelumny, demikian catatan laman resmi Liga Italia.



Kiper Roma Pau Lopez harus bekerja keras sejak awal pertandingan saat ia menggagalkan upaya Fabian Ruiz. Sang kiper kemudian harus meninggalkan gawangnya untuk mencegah pergerakan Piotr Zielinski.

Roma berusaha bangkit lewat pergerakan bek sayap Lorenzo Pellegrini, tetapi sepakannya terdefleksi oleh Konstantinos Manolas sehingga hanya menghasilkan tendangan sudut.

Sayangnya Roma kemudian harus kehilangan Chris Smalling yang mengalami cedera otot pada pangkal pahanya, dan ia harus digantikan oleh Federico Fazio pada menit ke-30.

Tuan rumah hampir unggul tetapi Arkadiusz Milik melihat sundulannya membentur mistar gawang dan Callejon yang menanduk bola liar malah mengirimkan si kulit bundar melambung dari sasaran.

Napoli memecah kebuntuan pada awal babak kedua. Mario Rui mengirimkan umpan silang dari kanan, dan Callejon bergerak cepat mendahului Roger Ibanez untuk menyambarnya dan mencetak gol pembukaan.



Namun keunggulan itu hanya bertahan lima menit. Edin Dzeko memicu serangan balik, untuk kemudian bola diterima Mkhitaryan yang bergerak memotong dan melepaskan sepakan kaki kanan tertuju ke sudut bawah gawang Napoli.

Roma kemudian memasukkan Nicolo Zaniolo, yang tampil untuk pertama kalinya sejak absen karena cedera otot ACL pada pertengahan Januari.

Mkhitaryan melepaskan sepakan keras yang masih dapat ditahan kiper Alex Meret, sementara sepakan Zielinski melebar. Tetapi Insigne kemudian mengamankan kemenangan Napoli melalui sepakan kaki kanan melengkung yang tidak mampu diantisipasi kiper Lopez.



Susunan pemain:

Napoli (4-3-3): Alex Meret, Giovanni Di Lorenzo, Konstantinos Manolas (Nikola Maksimovic 63'), Kalidou Koulibaly, Mario Rui, Fabian (Eljif Elmas 86'), Diego Demme (Stanislav Lobotka 70'), Piotr Zielinski, Jose Callejon (Hirving Lozano 70'), Arkadiusz Milik (Dries Mertens 63'), Lorenzo Insigne
Pelatih: Gennaro Gattuso

AS Roma (4-2-3-1): Pau Lopez, Davide Zappacosta, Chris Smalling (Federico Fazio 30'), Roger, Leonardo Spinazzola, Jordan Veretout, Gianluca Mancini, Henrikh Mkhitaryan, Lorenzo Pellegrini (Bryan Cristante 76'), Justin Kluivert (Nicolo Zaniolo 66'), Edin Dzeko
Pelatih: Paulo Fonseca