Tes cepat sasar kaum lansia, pemeriksaan PCR capai empat ribu lebih

id Pemprov kalteng, kalimantan tengah, pcr, tes cepat massal lansia, tes cpr, 4765 warga kalteng tes spesimen pcr, covid 19, virus corona

Tes cepat sasar kaum lansia, pemeriksaan PCR capai empat ribu lebih

Tes cepat massal terhadap lansia di Kalteng. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menginstruksikan Dinas Kesehatan melakukan tes cepat atau 'rapid test' massal kepada kaum lanjut usia (lansia).

"Hal itu dilakukan, mengingat rentannya usia lanjut jika terkena COVID-19," kata Sugianto Sabran di Palangka Raya, Selasa.

Salah satunya yakni tes cepat massal di Panti Werdha yang dihuni orang-orang lanjut usia. Selain itu kegiatan serupa dilaksanakan di Panti Sosial Bina Laras Pambelum dihuni oleh penyandang masalah sosial.

Kedua panti ini dibawah UPT Dinas Sosial Kalimantan Tengah. Adapun jumlah tenaga kesehatan yang ditugaskan berjumlah 20 orang.

"Tes cepat di Panti Werdha dilakukan kepada 88 orang, terdiri dari 57 orang lansia dan 31 orang petugas panti yang semua hasilnya non reaktif," ungkapnya.

Baca juga: Perguruan tinggi diminta semakin terlibat dalam penanganan COVID-19

Baca juga: Gugus tugas dorong penambahan PCR di Kalteng

Baca juga: Pemkab Kapuas usulkan Sarpras laboratorium pemeriksaan Swab RT-PCR mandiri


Sementara itu di Panti Sosial Bina Laras Pambelum, jumlah yang diperiksa 27 orang dengan hasil semuanya non reaktif dan selain tes cepat juga dilakukan penyemprotan desinfektan di lingkungan panti.

Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul yang juga menjabat Wakil Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas COVID-19 Kalteng menjelaskan, sebagai upaya memotong mata rantai penularan, pemerintah provinsi terus meningkatkan jumlah pemeriksaan spesimen yang lebih tinggi.

Jumlah spesimen yang telah diperiksa dengan PCR mencapai 4.765 jiwa, artinya berada pada angka 1.721 per satu juta jiwa. Angka pencapaian ini sudah di atas pencapaian Jawa Timur yang berada di angka 1.428 per satu juta jiwa.

Adapun sejumlah mesin PCR yang dimiliki Kalimantan Tengah saat ini, diantaranya berada di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, hingga RS Kota Palangka Raya. Rumah sakit lainnya pun juga didorong untuk memiliki alat tersebut.

Baca juga: Pemkab Bartim evaluasi realisasi pendapatan di tengah pandemi COVID-19

Baca juga: Polisi imbau warga tak ada lagi ambil paksa jenazah COVID-19

Baca juga: Dinas Pertanian Kotim sosialisasikan petunjuk pelaksanaan kurban di masa pandemi COVID-19