Pasien positif COVID-19 Barut bertambah empat orang dan empat sembuh

id pasien positif covid-19 barito utara,gugus tugas barut,rsud muara teweh

Pasien positif COVID-19 Barut bertambah empat orang dan empat sembuh

Data sebaran pasien COVID-19 Barito Utara sampai Kamis (9/7/2020).ANTARA/HO-Gugus Tugas COVID-19 Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Pasien positif COVID-19 di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, kembali bertambah  empat orang  dan  kini dirawat di RSUD Muara Teweh, namun ada  kabar baik  juga yakni pasien sembuh ada empat orang.

"Hari ini pasien yang  konfirmasi positif COVID-19  kembali bertambah ada empat orang dari klaster Bangau," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Barito Utara H Siswandoyo di Muara Teweh, Kamis.

Menurut dia, pasien positif itu inisialnya nyonya JM usia 39 tahun asal Desa Lemo II Kecamatan Teweh Tengah, tuan RF umur 26 tahun, nyonya RA (22) dan nyonya LD (30) masing-masing dari Kelurahan Melayu Kecamatan Teweh Tengah.

"Mereka ini kita rawat di RSUD Muara Teweh sejak dinyatakan hasil tes cepat atau 'rapid test' hasilnya reaktif beberapa hari lalu," katanya.  

Sementara pasien sembuh dari virus corona penyebab COVID-19 ada empat orang masing-masing nyonya IK warga Kelurahan Lanjas Kecamatan Teweh Tengah, tuan RS dari Desa Benangin Kecamatan Teweh Timur, nyonya DL dari Desa Sikan Kecamatan Montallat  dan tuan BG dari Kelurahan Melayu Kecamatan Teweh Tengah.   

"Dengan bertambahnya empat orang ini maka secara kumulatif pasien positif COVID-19 di daerah ini sebanyak 23 orang dan pasien dalam perawatan 11 orang, sembuh 10 orang dan dua meninggal dunia," kata Siswandoyo yang juga menjabat Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara ini.

Bupati Barito Utara H Nadalsyah selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 kabupaten setempat mengajak semua pihak untuk tetap semangat, tetap fokus, waspada  dan jangan lengah untuk tetap berusaha semaksimal mungkin untuk memutus mata rantai penularan COVID-19 di daerah ini.

"Saya minta masyarakat di daerah ini tetap tenang, waspada dan jangan panik, patuhi arahan pemerintah dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan," kata dia.

Wajib gunakan masker bila keluar rumah, jangan bepergian bila tidak sangat penting, jaga jarak, hindari kerumunan, hindari kontak fisik, termasuk berjabat tangan, sering cuci tangan dengan sabun pakai air mengalir, perilaku hidup bersih dan sehat.

Guna meningkatkan imunitas, makan makanan bergizi, minum suplemen dan beraktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari di rumah saja.

"Jangan memberi stigma negatif kepada penderita dan berikan dukungan dan kasih semangat kepada mereka, karena yakinlah COVID-19 dapat disembuhkan," ujar Nadalsyah.