Pasien positif COVID-19 Barito Utara kembali bertambah tujuh orang

id pasien positif covid barito utara,gugus tugas barito utara,rsud muara teweh

Pasien positif COVID-19 Barito Utara kembali bertambah tujuh orang

Data sebaran pasien COVID-19 Barito Utara sampai Minggu (12/7/2020).ANTARA/HO-Gugus Tugas COVID-19 Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Pasien positif COVID-19 di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, kembali bertambah  tujuh orang kini dirawat di RSUD Muara Teweh.

"Hari ini pasien yang  konfirmasi positif COVID-19  kembali bertambah ada tujuh orang dari Kelurahan Melayu dan Lanjas  Kecamatan Teweh Tengah," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Barito Utara H Nadalsyah melalui Juru bicara H Siswandoyo di Muara Teweh, Minggu.

Menurut dia, pasien positif  COVID-19 itu inisialnya nyonya M, tuan HP, nyonya U, nyonya H, tuan R, tuan D dan tuan IA.

Diantara pasien ini  selain seorang petugas pemulasaran jenazah di RSUD Muara Teweh, juga ada yang kontak erat SBY dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Barito Utara dan klaster Pancar Mas. 

"Mereka positif ini kita rawat di RSUD Muara Teweh merupakan hasil tes usap atau test swab dari seorang orang tanpa gejala (OTG), dan seorang dalam pemantauan (ODP) serta lima orang pasien dalam pengawasan (PDP)," kata dia.   

Dia mengatakan, sampai Minggu (12/7) dengan bertambahnya tujuh orang ini maka secara kumulatif pasien positif COVID-19 di daerah ini sebanyak 30 orang dan pasien dalam perawatan 18 orang, sembuh 10 orang dan dua meninggal dunia," kata dia.

Saat ini Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Barito Utara terus melakukan sosialisasi  tentang protokol kesehatan dengan mewajibkan pemakaian masker bila keluar rumah, jangan bepergian bila tidak sangat penting, jaga jarak, hindari kerumunan, hindari kontak fisik, termasuk berjabat tangan, sering cuci tangan dengan sabun pakai air mengalir, perilaku hidup bersih dan sehat.

"Selain itu melakukan epidemilogi dan pelacakan  kontak erat  kasus Re-aktif maupun positif COVID-19," jelas dia.

Disamping itu meningkatkan pelayanan penanganan kasus di RSUD Muara Teweh melalui perluasan tempat rawat inap  dan ruang isolasi bagi pasien OTG di lantai 5 gedung wing A RSUD setempat  dengan fasilitas 31 tempat tidur dan 58 tempat tidur.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar