Pucuk pimpinan PSI Kalteng berganti, Ambu Naptamis kini menjadi ketua

id Psi kalteng, partai solidaritas indonesia, pemilu legislatif, pileg

Pucuk pimpinan PSI Kalteng berganti, Ambu Naptamis kini menjadi ketua

Foto Dokumentasi - Sekretaris Wilayah PSI Kalteng Rano Rahman (kiri) ketika memberikan keterangan seputar partai baru tersebut, dalam kegiatan 'media gathering' di Palangka Raya beberapa waktu lalu. (ANTARA/Ho-PSI Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Provinsi Kalimantan Tengah telah melaksanakan konsolidasi partai yakni pergantian pengurus, diantaranya pucuk pimpinan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW).

"Kepemimpinan PSI Kalteng kini diamanatkan kepada sosok baru, ketuanya dijabat Ambu Naptamis dan saya reposisi sebagai Sekretaris DPW," kata Rano Rahman saat dihubungi dari Palangka Raya, Minggu.

Ambu Naptamis bukanlah sosok baru di PSI Kalteng. Sebelumnya pria yang dikenal sebagai penggerak koperasi, masyarakat adat dan aktivis itu, juga merupakan salah satu caleg PSI untuk DPRD Provinsi pada pemilu 2019.

Khusus di lingkungan koperasi, Ambu saat ini menjabat Ketua Koperasi Kredit CU Betang Asi dan Ketua KPD atau Koperasi Persekutuan Dayak.

Koperasi Persekutuan Dayak keberadaannya cukup dikenal di Palangka Raya, sebab dianggap sebagai model koperasi yang berjalan baik hingga memiliki unit usaha KPD swalayan.

"Bukan hanya itu, Ambu Naptamis kini juga merupakan Ketua Dewan Pakar Dewan Koperasi Indonesia atau Dekopin Kalimantan Tengah," jelasnya.

Proses pergantian ketua disaksikan langsung oleh Ketua Umum DPP PSI Grace Natalie dalam sebuah rapat virtual dam kepada ketua terpilih diberikan waktu satu bulan melengkapi kepengurusan DPW.

Sementara itu, Ambu Naptamis mengatakan, PSI secara terbuka membuka kesempatan bagi siapa pun untuk bergabung menjadi bagian partai berlambang bunga mawar tersebut.

Adapun langkah kedepan bagi PSI Kalteng adalah menguatkan konsolidasi internal termasuk melakukan rekrutmen pengurus dan kader pada semua tingkatan.

"Kami pun membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin bergabung, baik menjadi pengurus maupun kader PSI. Kami juga akan perkuat partisipasi semua pihak, prinsipnya gotong royong secara proporsional dalam membangun partai," ungkapnya.