Kapolda Kalteng ingatkan operator sarpras memperbanyak berlatih

id Kapolda Kalteng: Operator sarpras diminta perbanyak berlatih, Polda Kalteng, kapolda

Kapolda Kalteng ingatkan operator sarpras memperbanyak berlatih

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo (kanan) mengecek personel penggunaan baju jibom saat menggelar pengecekan sarpras semua satker  di Mapolda Kalteng, Senin (20/7/2020). ANTARA/HO-Humas Polda Kalteng 

Palangka Raya (ANTARA) - Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Dedi Prasetyo yang melakukan pengecekan sarana dan prasarana (sarpras) yang dimiliki kesatuan masing-masing di polda setempat diminta memperbanyak berlatih.

"Penggelaran sarpras yang dilakukan oleh seluruh satuan kerja (Satker) masing-masing itu bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak peralatan yang dimiliki Polda Kalteng," kata Dedi usai mengecek sarpras di halaman Mapolda Kalteng Jalan Tjilik Riwut Km 1 Kota Palangka Raya, Senin.

Jenderal berpangkat bintang dua itu menyampaikan, dari hasil pengecekan yang ia lakukan beserta sejumlah pejabat utama Polda setempat, masih ada ditemukan personel yang belum piawai menggunakan peralatan yang sebenarnya menjadi tanggung jawab mereka.

Dedi berharap anggota Polri piawai dalam menggunakan peralatan yang menjadi tanggung jawabnya, mereka disarankan untuk terus berlatih setiap harinya. Sehingga mereka piawai dalam menggunakan peralatan mereka apabila nantinya diperlukan dalam menghadapi situasional negatif serta lain sebagainya.

"Maka dari itu, pada kesempatan ini saya perintahkan kepada para operator untuk sering-sering berlatih agar benar-benar menguasai peralatan, serta meminimalisir kesalahan ketika di lapangan. Ilmu yang sudah dilatihkan agar bisa ditularkan juga kepada rekan yang lainnya," ungkap mantan Kadiv Humas Polri itu.

Dedi yang juga pernah menjabat sebagai Karo Binkar SSDM Polri berpesan kepada personelnya, jangan pernah puas dengan pekerjaan kita. Bahkan apabila belum mahir dalam menggunakan salah satu peralatan di satuan kerjanya, jangan sungkan untuk berlatih atau bertanya kepada yang sudah bisa.

Jika sungkan bertanya serta tidak mau banyak mencari tahu tentang alat yang dipertanggungjawabkan kepada kita, maka akan menimbulkan kekacauan ketika berada di lapangan saat penggunaan peralatannya.

"Maka dari itu latihan rutin menjadi kunci agar peralatan yang dipegang anggota bisa digunakan dengan baik," ungkap mantan Wakapolda Kalteng itu.
 
Sementara itu sejumlah peralatan yang dilakukan pengecekan oleh orang nomor satu di lingkup Polda Kalteng tersebut, diantaranya peralatan SAR (Search and Rescue) milik Satbrimob dan Ditpolairud, perlengkapan Penjinak Bom, Alat Komunikasi berupa HT, drone, alat medis, hingga mobil pemburu api dan siaga karhutla.

Baca juga: 187 personel Polresta Palangka Raya siap amankan pilkada

Baca juga: Palangka Raya optimalkan peran kelurahan dalam antisipasi karhutla