Legislator Seruyan minta pemkab siapkan penanggulangan banjir dimaksimalkan

id Legislator Seruyan minta pemkab antisipasi penanggulangan banjir dimaksimalkan, DPRD Seruyan, Bambang Yantoko

Legislator Seruyan minta pemkab siapkan penanggulangan banjir dimaksimalkan

Wakil Ketua DPRD Seruyan Bambang Yantoko di Kuala Pembuang, baru-baru ini. ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Seruyan, Kalimantan Tengah, Bambang Yantoko meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk melakukan upaya lebih maksimal dalam mengantisipasi dan menanggulangi bencana banjir yang terjadi berulang-ulang di daerah ini.

“Untuk banjir ini, setiap tahunnya pasti ada terjadi di wilayah kita. Kami berharap instansi terkait harus mengantisipasi bagaimana caranya penanggulangannya agar tidak terjadi lagi di tahun berikutnya,” kata Bambang Yantoko di Kuala Pembuang, Rabu.

Menurut dia, memang masyarakat yang berada di bantaran sungai seakan sudah terbiasa dengan situasi musiman itu. Hanya saja yang perlu dilakukan adalah mengantisipasi agar dampak parah bisa dicegah. Bahkan jika memungkinkan, dilakukan langkah-langkah untuk pencegahan agar banjir tidak terjadi.

“Tinggal ketinggian dan kerendahan debit air itu saja yang perlu kita antisipasi. Kemudian juga kalaupun terjadi banjir, hal yang harus diwaspadai adalah agar jangan sampai ada korban jiwa,” ungkap Bambang.

Pemkab Seruyan diminta mempersiapkan mempersiapkan berbagai kebutuhan untuk penanganan banjir ini, sehingga apabila terjadi, maka penanganannya akan lebih mudah dan maksimal. 

Menurutnya, saat ini sudah ada beberapa wilayah yang mengalami bencana tersebut. Dia berharap Pemkab Seruyan memberikan bantuan berupa sembako dan lainnya kepada warga terdampak banjir.

“Jadi, masyarakat yang wilayahnya ada banjir, tentu ada dampak yang mereka rasakan. Kalau bisa pemkab memberikan bantuan, sehingga dapat meringankan beban masyarakat setempat,” harap Bambang.

Ia menambahkan, penanggulangan banjir ini perlu dilakukan oleh semua pihak. Masyarakat juga harus terlibat agar bencana tersebut bisa dicegah, sehingga tidak terjadi lagi.

“Masyarakat juga harus tur
ut andil dalam upaya pencegahan ini, seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan saluran yang mampet, menanam pohon di sekitar rumah. Pepohonan mempunyai peranan yang sangat besar untuk mencegah timbulnya banjir. Akar- akar pohon dapat menyerap dan menyimpan air serta mengunci di dalamnya,” demikian Bambang.

Baca juga: Ketua DPRD sebut banyak perusahaan di Seruyan menunggak bayar pajak

Baca juga: Ketua DPRD Seruyan minta kebijakan sekolah virtual dikaji ulang