Delapan rumah dan satu bangunan sarang burung walet di Kapuas habis terbakar

id kebakaran di Kapuas,Kapuas,Kuala Kapuas,satu bangunan sarang burung walet di Kapuas habis terbakar,BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga

Delapan rumah dan satu bangunan sarang burung walet di Kapuas habis terbakar

Kebakaran di pumukiman penduduk di Desa Dadahup, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, menghanguskan 8 unit rumah dan satu bangunan sarang burung walet, Senin (27/7) dini hari. ANTARA/ HO

Kuala Kapuas (ANTARA) - Sebanyak delapan unit rumah dan satu buah bangunan sarang burung walet di kawasan pumukiman Desa Dadahup, Rukun Tetangga (RT) 11, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, ludes terbakar, pada Senin (27/7) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB.

“Laporan awal diterima sekitar pukul 01.30 WIB, bahwa ada terjadi kebakaran di Desa Dadahup RT 11, Kecamatan Dadahup. Api cepat membakar karena sebagian besar bangunan berbahan kayu atau semi permanen,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga di Kuala Kapuas, Senin.

Akibat kejadian tersebut, lanjutnya, laporan sementara delapan unit rumah dan satu unit bangunan sarang walet habis terbakar. Dalam kejadian ini, katanya, tidak ada korban jiwa. Dan untuk korban terdampak, laporan sementara diterima sebanyak tiga belas Kepala Keluarga (KK) dan empat puluh Jiwa.
Kebakaran di pumukiman penduduk di Desa Dadahup, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, menghanguskan 8 unit rumah dan satu bangunan sarang burung walet, Senin (27/7) dini hari. ANTARA/ HO

Kobaran api dapat dijinakan oleh petugas pemdam kebakaran baik dari Dinas Satpol PP dan Damkar Kapuas, BPBD, Damkar Swasta, dan masyarakat setempat satu jam kemudian.

BPBD telah berkoordinasi dengan Camat dan Kepala Desa setempat untuk melakukan pendataan korban terdampak.

Baca juga: Dua kejadian kebakaran di Palangka Raya terjadi dalam satu malam

“Untuk sebab dan penyebab kebakaran kita belum mengetahuinya, dan masih dalam penanganan pihak kepolisian,” kata Sinaga.

BPBD Kapuas, dalam waktu segera bersama dengan Dinas Sosial dan instansi terkait lainnya akan menyalurkan bantuan kepada para korban terdampak kebakaran, baik sembako, makanan siap saji, selimut, terpal, perlengkapan sekolah, perlengkapan ibu hamil dan anak-anak, serta lainnya.

“Bantuan ini nantinya kita akan salurkan kepada para korban terdampak kebakaran, semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi mereka,” demikian Panahatan Sinaga.

Baca juga: Polisi selidiki penyebab terbakarnya delapan rumah di kawasan padat penduduk

Baca juga: Pemkot permudah pengurusan administrasi kependudukan korban kebakaran

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar