Legislator Seruyan minta pemkab bantu petani maksimalkan hasil panen

id Legislator Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, BejoRiyanto,Kabupaten Seruyan,Seruyan,DPRD Kabupaten Seruyan,DPRD Seruyan Anggota DPRD Seruyan

Legislator Seruyan minta pemkab bantu petani maksimalkan hasil panen

Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto di ruang kerjanya, baru-baru ini. ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang, Seruyan (ANTARA) - Legislator Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bejo Riyanto mengharapkan pemerintah daerah dapat meningkatkan bantuan penunjang usaha bagi petani, agar dapat memaksimalkan hasil pertanian.

Potensi lahan untuk pertanian di Kabupaten ini sangat besar, sehingga perlu ada langkah nyata dalam membantu petani, kata Bejo di Kuala Pembuang, Senin.

"Cara yang dapat dilakukan dengan memberikan bantuan sarana prasarana pertanian, termasuk pendampingan," tambahnya.

Dikatakan, Kabupaten Seruyan merupakan salah satu daerah yang potensial untuk  pengembangan sektor pertanian. Maka untuk memaksimalkan hasil tersebut perlu adanya upaya-upaya yang harus dilakukan pemerintah setempat.

"Banyak hal yang perlu kita maksimalkan, seperti memberi batuan bibit, pupuk, alat mesin pertanian (Alsintan) serta sosialisasi dan penyuluhan tentang pertanian kepada petani," kata Bejo.

Menurut Anggota DPRD Seruyan itu, potensi yang dimiliki ini bisa dimaksimalkan khususnya di tengah masa pandemi COVID-19 atau virus corona, agar geliat perekonomian masyarakat tetap berjalan seperti biasa.

Baca juga: Legislator Seruyan minta pemkab siapkan penanggulangan banjir dimaksimalkan

"Pertanian merupakan salah satu sektor yang saat ini sangat potensial untuk dikembangkan, hanya tinggal bagaimana kita mengelola dan memanfaatkannya dengan sebaik mungkin, sehingga apa yang telah kita miliki dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelas Bejo.

Politisi Partai Amanat Nasional itu menyampaikan bahwa dalam beberapa waktu lalu, dirinya sering melakukan kunjungan ke beberapa desa yang mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani.

Dia mengatakan untuk memaksimalkan  hasil pertanian dan perkebunan masyarakat, perlu adanya  uluran tangan pemerintah  dalam memberikan bantuan penunjang usaha untuk petani dan pekebun.

"Jika sektor pertanian  bisa dimaksimalkan, maka saya yakin swasembada pangan itu bisa diwujudkan dan kita tidak perlu khawatir tentang kelangkaan pangan selama pandemi ini," demikian Bejo.

Baca juga: Ketua DPRD sebut banyak perusahaan di Seruyan menunggak bayar pajak

Baca juga: Ketua DPRD Seruyan minta kebijakan sekolah virtual dikaji ulang

Baca juga: Bangunan mangkrak jadi sorotan DPRD Seruyan