DPRD dorong pemberdayaan nelayan di Seruyan melalui program inovatif

id Pemkab seruyan, nelayan, budidaya ikan, kuala pembuang, desa sungai undang

DPRD dorong pemberdayaan nelayan di Seruyan melalui program inovatif

Pembudidaya perikanan saat panen di Desa Sungai Undang Kecamatan Seruyan Hilir, Selasa, (28/7/2020). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Kalangan DPRD Seruyan, Kalimantan Tengah meminta pemerintah daerah setempat melalui instansi terkait, meningkatkan program-program kegiatan pemberdayaan terhadap nelayan.

“Pemberdayaan kepada nelayan sangat penting dilakukan untuk meningkatkan hasil dan kesejahteraan bagi nelayan,” kata Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto di Kuala Pembuang, Selasa.

Menurutnya program pemberdayaan dimaksudkan bisa meningkatkan kemampuan dan taraf kehidupan para nelayan, sehingga mereka bisa memaksimalkan usahanya. Program tersebut harus bisa meningkatkan kemampuan nelayan di kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring ini.

“Kami harapkan program pemberdayaan terhadap nelayan terus dilakukan dan ditingkatkan," tegasnya.

Melalui upaya tersebut, diharapkan mereka memiliki kemampuan dalam pengembangan usaha, mulai dari perikanan tangkap hingga budidaya.

Diketahui bersama kekayaan alam di Seruyan sangat potensial terlebih di bidang perikanan, sebab berbagai macam jenis ikan bisa ditemui.

Lanjut dia yang perlu dilakukan adalah peningkatan sumber daya manusia (SDM) untuk mengelola hal tersebut, sehingga kekayaan yang dimiliki dapat dimaksimalkan dengan baik. 

Politisi Partai Amanat Nasional ini menyebut, para nelayan perikanan tangkap, bisa didorong mengembangkan perikanan budidaya di sekitar tempat tinggalnya.

Hal ini perlu dilakukan karena apabila musim ombak besar dan tidak bisa melaut, maka mereka masih memiliki penghasilan dengan adanya budidaya ikan di sekitar pekarangan yang dimiliki.

“Jadi nelayan tidak perlu khawatir apabila tidak bisa melaut, karena masih ada usaha budidaya perikanan yang berada di sekitar tempat tinggalnya," jelasnya.

Menurutnya, hal-hal seperti inilah yang harus terus dilakukan oleh instansi terkait, memberikan program pelatihan bagaimana membuat kolam terpal atau kolam budidaya ikan jenis lainnya.

“Kami selaku wakil rakyat akan selalu mendukung, jika suatu program bertujuan meningkatkan keterampilan para nelayan, serta kesejahteraan masyarakat di Seruyan,” demikian Bejo.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar